Fase Kedua IBL Pertamax 2021 Siap Digelar


May 10, 2021

Manajemen IBL siap menggelar fase kedua IBL Pertamax 2021 yang terbagi dalam babak play off, semifinal dan final, 23 Mei hingga 6 Juni mendatang. “Pemerintah provinsi DKI Jakarta sudah menyatakan dukungan dan memberikan ijin penyelenggaran fase kedua IBL Pertamax 2021 di Mahaka Square Arena Kelapa Gading, Jakarta Utara, 23 Mei hingga 6 Juni,” kata Direktur Utama IBL, Junas Miradiarsjah dalam jumpa pers virtual dengan para wartawan, Senin 10 Mei.

Fase kedua tetap menggunakan konsep gelembung yang sukses dijalankan saat fase pertama di Robinson Cisarua Resort, 10 Maret – 10 April lalu. “Semua personil dan tim ditempatkan pada Hotel Santika yang berada satu lokasi dengan arena. Hotel ditutup penuh untuk IBL. Sementara sebagain akses mall menuju arena juga ditutup,” kata Junas. “Beberapa bagian di luar juga ditutup,” tambahnya.

“Kita akan terbitkan manual hand book seperti fase pertama, tentu dengan versi dan kondisi untuk fase kedua,” tuturnya. Protokol Kesehatan tetap dijalankan dengan disiplin ketat bagi semua yang terlibat pada fase kedua IBL Pertamax 2021.

Pada 14 Mei, semua tim harus melakukan tes usap PCR bagi semua personilnya, tim juga harus melakukkan karantina. Kemudian pada 19 Mei, kembali dilakukan PCR bagi semua yang terlibat pada fase kedua. “Pada saat check in di Hotel Santika 21 Mei, semua juga harus kembali melakukan PCR. Kemudian pada tanggal 1 Juni, dilakukan PCR keempat,” jelas Junas.

Junas menyebut tak bisa lagi mengundurkan jadwal fase kedua IBL Pertamax 2021. “Bila kondisi pandemi Covid-19 di Jakarta tak memungkinkan menggelar fase kedua tepat pada waktunya, opsi kami mungkin memindahkan tempat penyelenggaraan, sebab tak mungkin mengundur jadwal, sebab akan bertabrakan dengan jadwal Kualifikasi FIBA Asia 2021 window ketiga yang akan diikuti tim nasional Indonesia di Filipina',” tuturnya. 

Sebab muncul wacana untuk menghadirkan penonton secara langsung di Mahaka Square Arena, namun diurungkan. “Wacana tersebut tak berlanjutkan sebab persiapan dan perijinan kami selama ini adalah menggelar kompetisi tanpa penonton,” tuturnya.

Hanya ada perbedaan dibanding fase pertama, pada fase kedua ini wartawan dan media memiliki akses untuk melakukan liputan secara langsung. “Fasilitas dan ruangan yang ada dalam Mahak Square Arena memungkinkan bagi teman-teman untuk melakukan liputan, tentu dengan menjalankan protokol Kesehatan,” paparnya.

Pada fase kedua nanti juga akan diserahkan hadiah kepada mereka yang memenangkan IBL Pertamax 2021 Awards yang terdiri dari tujuh kategori, yakni Most Valuable Player, Rookie Of The Year, Defensive Player of The Year, Sixth Man of The Year,  Most Improve Player of The Year, Coach of The Year dan Most Inspiring Young Player.