Empat Pemain IBL Lainnya di TC Timnas 3x3 Juga Punya Potensi Masuk Roster


Apr 19, 2022

Euforia kemenangan Timnas A dalam ABL 3x3 International Champions Cup 2022 sangat terasa. Empat pemain dielu-elukan untuk bisa mengharumkan nama Indonesia di ajang SEA Games 2022 Hanoi. Mereka adalah Jamarr Andre Johnson, M. Sandy Ibrahim Aziz, Surliyadin, dan Oki Wira Sanjaya. Namun sebenarnya ada empat nama lain, yang juga masuk TC, dan bersinar di IBL Tokopedia 2022. Mereka punya kans untuk masuk roster. 

Empat pemain lainnya yang masuk TC Timnas 3x3 Indonesia proyeksi SEA Games 2022 adalah Kevin Moses Eliazer Poetiray dari Dewa United Surabaya, Nickson Damar Gosal dari West Bandits Combiphar Solo, Dame Diagne dan Julian Alexandre Chalias dari Indonesia Patriots. Meski kemarin di turnamen kurang sukses, namun keempat pemain tersebut cukup baik di liga musim ini. 

Kevin Moses misalnya. Dalam dua musim terakhir performanya luar biasa. Pada musim 2021, dia mencetak rata-rata 15,2 PPG, 4,1 RPG, dan 3,0 APG. Kemudian di musim 2022, Kevin tetap tampil stabil dengan kontribusi rata-rata 10,1 PPG, 3,7 RPG, dan 2,6 APG untuk 21 game bersama Dewa United Surabaya. 

Nickson Damar Gosal terbilang pemain baru di liga Indonesia. Tapi namanya cukup dikenal di 3x3, terutama di level kelompok usia. Bersama West Bandits, di musim pertamanya sebagai pemain profesional, Nickson mencetak 3,5 PPG, 2,4 RPG, dan 0,3 APG dalam 20 game musim ini. Nickson diturunkan dalam waktu 11,7 menit per game. 

Sementara itu Dame Diagne dan Julian Chailas sama-sama bermain untuk Indonesia Patriots. Mereka adalah pemain-pemain muda yang disiapkan sebagai pelapis timnas senior. Dame tampil bagus dengan catatan 10,8 PPG dan 11,0 RPG dalam 22 game. Sedangkan Julian mengoleksi rata-rata 6,7 PPG dan 3,9 RPG dalam 18 game. 

Keberadaan keempat pemain tersebut menambah sengit persaingan di TC Timnas 3x3 Indonesia. Meski kerangka pemain sudah terbentuk, namun tidak menutup kemungkinan kepada empat pemain tersebut masuk ke roster. Keputusan tentu ada di tangan head coach Ali Budimansyah. (*)