News Press Release

Empat Kandidat Klub baru IBL Maju ke Proses Verifikasi Akhir

13 August 2020
|

Jakarta, 13 Agustus - Manajemen IBL telah melakukan verifikasi akhir pada empat klub calon pendatang baru IBL untuk kompetisi IBL musim depan. "Semula ada tujuh klub yang berminat dan setelah melalui proses tahapan awal administrasi maka telah tersaring menjadi empat kandidat yang memenuhi seluruh  persyaratan dan dilanjutkan ke tahap verifikasi hingga akhir Agustus ini," kata Direktur Utama IBL, Junas Miradiarsyah. 

Empat tim yang masuk ke proses assesment dan verifikasi adalah Bali United, Mountain Gold Basketball Timika, Teruna Jayapura serta West Bandits Solo.

IBL secara simultan yang tengah bersiap sebaik mungkin mempersiapkan kelanjutan penyelenggaraan babak playoff IBL Pertamax 2020, telah menyelenggarakan kegiatan workshop bersama para kandidat dan presentasi mengenai visi, program serta kesiapan masing-masing melalui cara virtual .

"IBL perlu mengetahui visi, misi dan program rencana keikutsertaan masing-masing klub  di IBL. Kemudian juga memastikan kesiapan baik dari sisi manajemen, finansial dan administrasi lainnya," tutur Ketua Tim Verifikasi IBL , Rufiana.

Mountain Gold mengawali sesi presentasi online pada Selasa 11 Agustus dilanjutkan berikutnya oleh West Bandits. Rabu 12 Agustus giliran Teruna Jayapura dan Bali United memaparkan presentasi mereka.

Tak hanya ingin menggali informasi dan verifikasi, IBL juga membantu persiapan calon peserta IBL dengan memberikan pembekalan apa yang sebaiknya dilakukan mereka dalam menjalankan organisasi sebuah klub bola basket profesional secara jangka panjang

Hal ini diakui oleh calon peserta IBL. "Presentasi kami dengan IBL berlangsung lancar dan bagus. IBL sangat informatif dan banyak memberikan masukan tentang apa yang harus kami lakukan sebagai klub baru, terutama dalam lima tahun ke depan," kata Jamin Mattotoran,  direktur klub Teruna Jayapura.

"IBL rencana membuka maksimal 2 slot untuk tim baru di Kompetisi IBL 2021," kata Junas. Diharapkan dari proses verifikasi dan penyaringan ini akan didapatkan kandidat yang terbaik dan dapat turut mendukung pengembangan bolabasket di Indonesia. Pada awal Oktober akan diumumkan dua klub baru yang akan ikut serta pada kompetisi IBL 2021.

"Antusiasme keikutsertaan klub klub baru ini merupakan tanda baik bahwa liga terus menuju arah yang lebih baik. Musim 2020 telah diikuti 1 klub baru dari Surabaya, dan kedepannya dari yang akan terpilih dipastikan adanya klub dari kota baru sehingga akan menjadi peluang bagus dalam perkembangan liga bolabasket Indonesia, sesuai dengan visi dan misi IBL," sambut Junas.

"Kami akan selalu berusaha keras menjalankan program kerja kami demi menuju industri bolabasket yang lebih baik, tentunya hal ini dapat terwujud dengan dukungan semua pihak," tegas Junas.

Baca Juga: IBL Akan Mulai Proses Verifikasi Calon Kandidat Peserta Baru di Liga

0 Comments