Ebrahim Enguio Lopez Yang Dirindukan IBL Fans


Feb 16, 2021

Pertanyaan besar untuk IBL Fans adalah, seberapa rindunya kalian dengan Ebrahim Enguio Lopez? Karena sebentar lagi, kerinduan akan aksi-aksinya di lapangan akan terobati. Pemain yang akrab disapa Biboy tersebut sudah resmi masuk roster NSH Montain Gold Timika, dan akan tampil di IBL 2021. Meski sempat menghangatkan pembicaraan di publik basket tanah air, namun semuanya berakhir indah. 

Secara status, Biboy tetaplah warga negara Indonesia naturalisasi. Namun dia sudah ada di Indonesia sejak tahun 2012, dan bermain bersama Aspac Jakarta sejak musim 2013-14 hingga IBL 2016. Biboy juga pernah berseragam timnas Indonesia dalam beberapa kesempatan. Seperti di SEABA Cup 2014 di Batam, SEA Games 2015 dan 2017, serta turnamen FIBA 3x3 World Championship. Jadi tidak heran bila semua penggemar basket merindukan kehadiran Biboy.

Lahir 31 Januari 1988, Biboy sudah akrab dengan basket, karena tinggal di Filipina. Namun dia tidak lupa bahwa ada darah Indonesia mengalir dalam tubuhnya. Sehingga pada tahun 2012 silam, Biboy seperti merasa pulang kampung. Dan, sebagai pemain basket profesional, dia langsung mewarnai kompetisi tertinggi kala itu. 

Biboy langsung mencuri perhatian dengan aksi-aksi slam dunk dalam penampilannya. Soal statistik, di musim perdana, Biboy mencatatkan rataan 12,9 PPG, 5,8 RPG, dan 1,6 APG dalam 27 pertandingan. Saat itu, Biboy membantu Aspac menjadi juara musim 2013-14. Kemudian di musim kedua, dia mencetak rata-rata 10,8 PPG, 5,6 RPG, dan 1,9 APG dalam 32 pertandingan. Beranjak ke IBL 2016, Biboy bermain 25 laga dengan catatan statistik 7,5 PPG, 5,5 RPG, dan 1,9 APG. 

Setelah itu, dia terkendala status kewarganegaraan. Pada IBL 2016-17, pemain seperti Biboy dimasukkan dalam kuota pemain asing. Sehingga mengurangi jatah pemain asing yang dimiliki klub. Biboy pun pamit dari IBL dan bermain di PBA D-League. Dia sempat muncul di roster CLS Knights Indonesia untuk ABL 2017-18. Tapi hanya bermain 12 pertandingan dengan rataan 4,2 PPG. 

Liga memang membuat penyesuaian terkait hak guna pemain naturalisasi di IBL. Oleh karena itu, kini semuanya sudah berakhir dengan bahagia. Biboy bisa kembali ke liga Indonesia dengan memperkuat NSH Montain Gold Timika. Kehadiran Biboy bukan hanya semata tentang kekuatan tim saja, namun lebih kepada memberikan kesempatan kepada para pemain-pemain yang sudah berstatus sebagai Warga Negara Indonesia. 

Jadi kehadiran pada IBL Fans pastinya sudah tidak sabar untuk menyaksikan IBL 2021. Karena banyak kejutan-kejutan yang dihadirkan, termasuk penampilan Biboy bersama tim barunya. (*)