News Event

Duet IBL Legends, Pimpin Persiapan Timnas 3x3 Putra Indonesia

06 April 2023
|

Timnas 3x3 Putra Indonesia kembali menjalani pemusatan latihan tahap kedua. Ini setelah mereka tampil di FIBA 3x3 Asia Cup 2023, di Singapura. Bedanya ada beberapa pemain baru dimasukkan dalam daftar. Sementara itu, menariknya ada dua IBL Legends, sekaligus mantan pemain 3x3 terbaik Indonesia ada di jajaran manajemen dan kepelatihan. 

Pada Training Camp (TC) tahap pertama, ada enam pemain yang dipanggil yaitu Rio Disi, Agus Salim, Avan Seputra, Ikram Fadhil, Randy Ady Prasetya, dan Ida Bagus Ananta Wisnu Putra. Sebagai pelatih ada Tri Hartanto. Dari nama-nama tersebut, empat pemain yang dibawa ke FIBA 3x3 Asia Cup ada empat, yaitu Rio, Avan, Ikram, dan Agus. Mereka gugur di babak kualifikasi. 

Untuk tahap kedua ini, ada beberapa pemain yang dipertahankan, yaitu Agus Salim, Avan Seputra, dan Ikram Fadhil. Namun ada beberapa pemain baru, yaitu Kevin Moses Eliazer Poetiray, M. Reza Fahdani Guntara, Laurentius Steven Oei, Karl Patrick Utiarahman G., Antoni Erga, dan Nickson Damara Gosal. Dari nama-nama baru berikut, ada pula pemain timnas basket, yang tidak di bawa ke Australia. Sehingga mereka ikut TC 3x3. 

Perubahan besar terjadi di sisi manajemen dan kepelatihan. Tri Hartanto digeser menjadi asisten pelatih. Sementara di posisi pelatih kepala diisi oleh Fandi Andika Ramadhani. Dia adalah IBL Legends yang pernah besar bersama Aspac. Rama (panggilan akrabnya) juga pernah menjadi pemain 3x3 rangking pertama di Indonesia pada tahun 2015 menurut fiba3x3.com. Dia juga pernah beberapa kali membela timnas Indonesia di ajang FIBA 3x3. 

Bergeser ke kursi manajemen, ada Wijaya Saputra. Dia terakhir berada di jajaran manajemen tim Dewa United Banten di IBL Tokopedia 2023. Kini Wijaya menjabat sebagai Manajer Timnas 3x3 Putra Indonesia. Sebelum ada di balik layar, Wijaya pernah membela tim Stadium Jakarta di IBL. 

Wijaya dan Rama adalah dua pemain yang pernah menjadi juara FIBA 3x3 World Tour Masters tahun 2013. Saat itu dua orang pemain lainnya adalah Rizky Effendy dan Vinton Nolland Surawi. Jadi kehadiran dua legenda ini diharapkan bisa menularkan ilmunya untuk Timnas 3x3 Putra Indonesia, yang diproyeksikan berlaga di SEA Games 2023 Kamboja. (*)

Baca Juga: Timnas 3x3 Kunci Roster Pekan Ini

0 Comments