News Event

Dua Sosok Penting Absen di Laga Terakhir Bali United

17 February 2023
|

Bali United Baksetball Club akan menghadapi laga terakhir di Seri 3 Surabaya, melawan Satya Wacana Salatiga, Jumat (17/2) sore. Tetapi dipastikan ada dua sosok penting yang bakal absen di laga ini. Mereka adalah head coach Anthony Garbelotto dan pemain Dior Alexandros Lowhorn. Keduanya dikenai hukuman larangan satu pertandingan (skorsing) setelah ejected di laga sebelumnya. 

Bali United akhirnya menelan kekalahan dalam laga penuh drama melawan Bumi Borneo Basketball Pontianak, Kamis (16/2) sore. Dalam laga tersebut, Bali United harus menerima kekalahan dengan skor 81-85 melalui babak overtime. Tetapi di laga ini, dua sosok penting harus diusir dari permainan (ejected). 

Dior Lowhorn yang terlebih dulu dikeluarkan dari permainan. Lowhorn bermain sangat bagus di pertandingan ini. Sebelum dikeluarkan, Lowhorn mencetak 15 poin dengan akurasi tembakan 6/8. Dia juga menambahkan delapan rebound dan satu assist. Sayangnya Lowhorn hanya bermain selama 13 menit dan 23 detik. 

Semuanya terjadi di kuarter kedua. Saat pertandingan hanya tinggal tiga menit enam detik, Lowhorn yang bertugas menjaga Cameron Ridley, malah terlihat memegang bigman Bumi Borneo tersebut, saat berupaya memasukkan bola. Setelah melihat review peristiwa tersebut, wasit memutuskan Lowhorn dikenai unsportsmanlike-foul. 

Tensi pertandingan memanas, ketika Randy Bell dimasukkan untuk menggantikan Ridley. Di sisa satu menit 29 detik, dan masih di kuarter kedua, Lowhorn dan Bell terlibat adu mulut. Keduanya tidak bisa menahan emosi masing-masing. Wasit langsung bertindak tegas dengan memberikan double technical foul untuk kedua pemain. Bell tidak masalah menerima hukuman tersebut, namun bagi Lowhorn dirinya langsung dikeluarkan (ejected) karena sebelumnya sudah melakukan unsportsmanlike foul. 

Dipicu dari peristiwa tersebut, head coach Anthony Garbelotto melakukan protes di akhir kuarter kedua. Karena protes keras tersebut, dia menerima technical-foul pertama dari wasit. Pertandingan pun dilanjutkan sampai kuarter keempat. 

Memasuki kuarter keempat, lagi-lagi coach Tony melakukan tindakan yang membuatnya dapat technical-foul kedua yaitu selebrasi dengan provokasi ke bench Bumi Borneo. Ini terjadi di saat laga hanya tersisa satu menit 14 detik. Wasit terpaksa memberikan technical-foul kedua. Artinya coach Tony juga harus meninggalkan permainan (ejected). Bali United pun, harus menelan kekalahan setelah gagal mengantisipasi serangan Bumi Borneo di babak tambahan waktu. 

Sesuai dengan aturan liga, maka kalau ada seseorang yang ejected di laga tersebut, dia dijatuhi skorsing satu pertandingan. Oleh karena itu, Lowhorn tidak akan bermain di laga melawan Satya Wacana, Jumat sore. Begitu juga dengan coach Tony, yang tidak bisa mendampingi timnya bertanding di laga terakhir Seri 3 Surabaya. 

Coach Tony sudah dua kali terkena skorsing musim ini. Sebelumnya dia juga pernah dikenai hukuman tersebut di Seri 2 Malang. Karena itu, seperti yang sudah pernah terjadi, maka Bali United akan dipimpin oleh asisten pelatih I Gusti Rusta Wijaya di pertandingan melawan Satya Wacana Salatiga. (*)

Baca Juga: RESMI! BALI UNITED BASKETBALL CLUB, TIM BASKET PROFESIONAL PERTAMA DARI PULAU DEWATA

0 Comments