Dio Tirta Saputra dan Samuel Devin Susanto, Siapa yang Lebih Produktif di Lini Kedua?


May 07, 2021

Louvre Dewa United Surabaya dan Bank BPD DIY Bima Perkasa merupakan dua tim yang akan bertanding di babak Playoffs IBL Pertamax 2021 putaran pertama untuk Divisi Merah. Setelah membahas pemain-pemain kunci, saatnya giliran pemain pendukung. Ternyata kedua tim punya pemain muda yang sama-sama muncul sebagai pemecah kebuntuan di timnya masing-masing. Louvre punya Dio Tirta Saputra, dan Bima Perkasa memiliki Samuel Devin Susanto.

Kalau berbicara tentang Louvre musim ini, Dio sudah diramalkan sebagai pemain yang berpotensi breakout. Sophomore di IBL itu punya kemampuan menembak jarak jauh, serta ketenangan dalam bermain. Keberanian Dio sudah terlihat di musim pertamanya di IBL Pertamax 2020 kemarin. Pemain asal Malang itu tampil rata-rata 10 menit dengan kontribusi 3,2 PPG dan 1,9 RPG.

Dio ternyata naik pangkat di IBL Pertamax 2021. Dia beberapa kali masuk starting line-up, di tim besutan Andika Supriadi Saputra. Hasilnya, menit bermain Dio meningkat jadi 23,5 menit per game. Dari situ, dia mencetak 11,6 PPG dan 5,0 RPG. Dio punya tembakan yang berbahaya. Field goals precentage mencapai 52,4% dengan three point precentage 33,3%. Kehadian Dio terkadang bisa memecah kebuntuan Louvre dalam beberapa pertandingan.

Dio mencetak 10 kali double digit points dalam 16 pertandingan di regular season IBL Pertamax 2021. Penampilan terbaikya terjadi saat bertanding melawan Bali United Basketball. Dio mencetak 19 poin dengan field goals 7 dari 13 attempt, termasuk 3 three point shot. 

Lawan sepadan Dio Tirta dari Bima Perkasa yakni Samuel Devin Susanto. Rookie berusia 23 tahun ini memukau IBL Fans meski baru pertama tampil di liga profesional. Secara tidak terduga, Devin bisa mencetak 25 poin ke ring Satria Muda Pertamina Jakarta, pada 7 April 2021 lalu. Penampilan tersebut membuatnya jadi sorotan di liga.

Devin membuat coach David Singleton tenang saat Azzaryan Praditya ditahan lawan. Bahkan ketika Adit mengalami cedera, Devin bisa diandalkan. Konsistensi Devin mulai terlihat di seri ketiga dan empat. Dia selalu membuat double digit points di setiap penampilannya. Ketika menutup musim ini, Devin mencetak double-double dengan torehan 10 poin dan 10 reboud. 

Performa dua pemain tersebut sangat diperlukan timnya masing-masing untuk membongkar kebuntuan di pertandingan nanti. Menarik untuk menyaksikan bagaimana duel dua pemain muda ini di Playoffs nanti. 

Jangan lupa, saksikan Playoffs IBL Pertamax 2021 yang dimulai pada 23 Mei mendatang. Disiarkan langsung di saluran-saluran resmi IBL. (*)