Defensive Second Team IBL Pertamax 2021


Jul 14, 2021

All-Defensive Second Team IBL Pertamax 2021 diisi oleh pemain dari tim yang mampu mencapai empat besar. Mereka berasal dari Pelita Jaya Bakrie Jakarta, KAI Bima Perkasa Jogja, West Bandits Solo, dan Satria Muda Pertamina Jakarta. 

Dari Pelita Jaya, dua pemain yang masuk Second Team yakni Andakara Prastawa Dhyaksa dan Vincent Kosasih. Keduanya menjadi starter pilihan Coach Octaviarro Romely Tamtelahitu. Prastawa berperan sangat baik di pertahanan, khususnya dalam mencuri bola lawan. Prastawa bisa mencetak 2,7 steal per game, sekaligus menjadi Top Steals IBL Pertamax 2021. Sementara Vincent berperan sebagai paint protector. Dia tangguh di pertahanan sekaligus bisa dominan di ring lawan. Vincent mencetak rata-rata 8,9 PPG dan 7,8 RPG. 

Pemain ketiga yang masuk adalah Ali Mustofa yang bermain untuk Bima Perkasa. Meski terbilang pemain baru, peran Ali dalam tim Bima Perkasa cukup besar. Dia mampu mengoleksi 4,1 PPG, 4,5 RPG, dan 1,6 APG. Ali sendiri sudah ada di roster Bima Perkasa sejak 2020. Tapi baru kali ini namanya muncul ke permukaan. Ali menjadi penyumbang defensive rebound terbanyak keempat di Bima Perkasa, setelah M. Isman Thoyib, Indra Muhammad, dan Galank Gunawan. 

Keempat ada Laurentius Steven Oei. Dia bermain sangat baik di tim Satria Muda, terutama yang memiliki strategi agak berbeda dengan tim lainnya. Satria Muda biasanya memasang Juan Laurent dan Laurentius Steven Oei untuk starter. Dengan kata lain, tidak ada center murni di strategi tersebut. Tapi justru Laurentius bisa memainkan beran dengan baik. Dari total 87 rebound di sepanjang musim, dia mencetak 47 defensive rebound. Laurentius juga melakukan tujuh kali block. 

Untuk pemain terakhir yang masuk di Second Team adalah Widyanta Putra Teja. Widy dikenal sebagai pemain hustle, khususnya dalam pertahanan. Widy mampu mencetak 27 steal sepanjang regular season IBL Pertamax 2021. Tapi selain itu, kontribusi besar lainnya juga dari catatan statistik yang lain. Widy mencetak rata-rata 11,6 PPG, 4,7 RPG, dan 5,5 APG. Widy menjadi Top Assist di IBL Pertamax 2021. (*)