David Singleton Back-to-back Coach of The Year


Aug 12, 2022

Sebuah sejarah terjadi di IBL Tokopedia 2022 untuk pemilihan gelar individu. David Singleton menjadi pelatih pertama yang berhasil back-to-back terpilih sebagai Coach of the Year. Hebatnya, Singleton menjadi pelatih terbaik dengan dua tim yang berbeda.

David Singleton mulai berkiprah di IBL sejak tahun 2020. Dia awalnya tampil sebagai pelatih Pacific Caesar Surabaya. Kemudian pada tahun 2021 pindah ke Bima Perkasa. Di sini, Singleton berhasil mengembalikan Bima Perkasa ke Playoffs dengan rekor pertandingan 9-7. 

Pada tahun 2021, Singleton pindah ke Prawira Bandung. Dia berhasil mempertahankan tren bagus ketika memimpin sebuah tim. Singleton mencetak rekor pertandingan 18-4 dari 22 pertandingan. Dia masuk kandidat Coach of the Year untuk kesekian kalinya. Sehingga bisa disimpulkan bahwa pelatih ini punya kemampuan yang luar biasa.

Hasilnya, setelah dilangsungkan voting, Singleton kembali terpilih sebagai Coach of the Year. Sebanyak 7 voters memilih Singleton di urutan pertama. Satu di urutan kedua, dan dua voters memilih Singleton di urutan ketiga. Dia mengumpulkan 77 poin. Sehingga mengalahkan Youbel Sondakh dari Satria Muda Pertamina Jakarta, dan Fictor G. Roring dari Pelita Jaya Bakrie Jakarta. 

Singleton menjadi pelatih pertama sejak IBL 2016 yang terpilih sebagai COTY dua musim berturut-turut. (*)