Danny Ray : Perlu Adaptasi dari 5 on 5 ke 3X3


Aug 22, 2019

Danny Ray adalah salah satu pemain IBL yang dipanggil dalam seleksi tim nasional 3x3 Indonesia menghadapi SEA Games 2019 Manila. Dia pun sudah pernah masuk skuat tim nasional menghadapi kejuaraan Asia. 

“3x3 lebih keras dan membutuhkan ketahanan fisik lebih baik. Strenght condition harus menjadi perhatian lebih. Warming up sebelum pertandingan pun harus lebih lama,” kata Danny. Aturan foul dalam 3x3 sedikit lebih longgar dibanding 5on5.

Dia mengakui jika lama berlatih 5on5 kemudian beralih lagi ke 3x3 memerlukan adaptasi. “Sering setelah berlatih dan bertanding 5on5, kemudian kembali ke 3x3, saya kadang merasa lambat, namun setelah latihan tak ada masalah,” ujarnya.

Dalam 3x3 pemain harus lebih cepat mengambil keputusan eksekusi, sebab shoot clock hanyalah 12 detik, berbeda dengan basket biasa yang memberi waktu 24 detik. “Bagi saya lebih mudah beradaptasi dari 3x3 ke 5on5 daripada sebaliknya,” aku pemain asal Prawira Bandung ini.

Ia juga berharap dapat memberikan hasil terbaik untuk tim nasional 3x3 Indonesia dia ajang SEA GAMES 2019 mendatang. Selamat berjuang, Danny!