Cedera, Hal Heyward Terpaksa Diganti


Feb 15, 2020

Indonesian Basketball League (IBL) 2020 sudah memasuki paruh musim. Semua tim fokus pada strategi mengamankan tiket PlayOff. Tidak boleh lagi ada kesalahan yang bisa membuat mereka terpeleset. Namun berbeda dengan Satya Wacana Salatiga. Justru di saat genting seperti ini, mereka terpaksa kehilangan Hal Shane Heyward.

Tiga pemain asing Satya Wacana tampil kompak. Mereka adalah Leshirom Williams, Chris Sterling, dan Hal Heyward. Ketiganya berhasil membawa Satya Wacana menang tiga kali dari sembilan pertandingan. Sayangnya, di seri keempat, Hal Heyward cedera. Hasil pemeriksaan menyatakan bahwa dirinya menderita cedera ACL dan MCL. Jadi dengan terpaksa, Satya Wacana harus mengajukan pergantian pemain.

"Shane butuh terapi selama empat minggu. Dia sendiri ingin fokus penyembuhan," kata pelatih Efri Meldi.

Kehilangan Heyward, bisa jadi berpengaruh pada Satya Wacana. Hal tersebut juga diakui oleh Efri Meldi. Menurutnya, Heyward adalah pemain yang pintar. Dia tidak emosional di lapangan. Efri Meldi pun merasa bahwa lebih tenang bila Heyward memimpin defense di lapangan.

"Pasti sangat berpengaruh pada tim kami. Mereka bertiga (pemain asing) sudah kompak. Jujur, saya sangat butuh pemain seperti Shane (Heyward)," ucapnya.

Keputusan segera mengganti pemain asing dianggap jadi strategi paling baik. Sebab, dalam dua pekan kedepan, IBL sudah memasuki seri kelima. Artinya, semua tim akan bertemu untuk kedua kalinya. Semua pasti ingin mendapatkan keunggulan head-to-head. Oleh sebab itu, Satya Wacana tidak mungkin memakai dua pemain asing saja. Pilihannya, mereka harus mengganti pemain asing. (*)