Bumi Borneo, Gerbang Pembuka Talenta Basket Pontianak


Aug 21, 2021

Setelah Bali United resmi bergabung di Indonesia Basketball League (IBL) musim lalu. Geliat klub di luar pulau Jawa kian meningkat.

Kali ini, giliran Kalimantan yang mencoba unjuk gigi di IBL lewat Bumi Borneo Basketball. Klub tersebut saat ini tengah menjajaki diri masuk ke liga tertinggi di Tanah Air ini.

Bumi Borneo berangkat dengan niat mulia. Klub yang bermarkas di Pontianak itu ingin menjadi gerbang untuk pebasket di Kalimantan tampil di pentas tertinggi.

“Klub bola basket Bumi Borneo lahir dari sebuah mimpi dan semangat untuk membawa talenta muda ke pentas nasional dan internasional. Bumi Borneo ingin turut serta berkontribusi dalam memajukan ekosistem olahraga bola basket di Pontianak, Kalimantan Barat, dan Indonesia,” ujar Presiden Bumi Borneo, Yansen Kamto.

“Dengan keikutsertaan Bumi Borneo sebagai klub profesional dari Pontianak di IBL, diharapkan dapat membuka jalan dan menjadi penghubung bagi para talenta muda di Pontianak dan Kalimantan Barat agar dapat meningkatkan kualitas dan jam terbang,” imbuhnya.

Bumi Borneo percaya talenta dari Kalimantan tak kalah dari kota besar di Indonesia lainnya. Saat ini, di IBL juga ada beberapa perwakilan dari Kalimantan seperti Hardianus, Kevin Yonas, Rivaldo Tandra, dan Rizal Falconi.

“Pontianak dipilih sebagai home base karena para pendiri Bumi Borneo percaya akan potensi dan talenta muda di Pontianak dan Kalimantan Barat. Hal ini juga diharapkan dapat meningkatkan semangat anak muda untuk terus berjuang dan mendukung klub Bumi Borneo di laga IBL 2022,” tutur Yansen.

Ke depan, Bumi Borneo akan memprioritaskan pemain asli Pontianak untuk bisa tampil di IBL. Adapun untuk musim pertama ini, Bumi Borneo sudah mulai mencari pemain.

“Kami memiliki daftar pemain incaran dan semuanya masih dalam tahap seleksi awal. Ada beberapa nama pemain asal Kalimantan yang juga menjadi fokus target kami,” ujar Yansen.