Bumi Borneo Basketball, Lahir dari Sebuah Mimpi dan Semangat


Sep 23, 2021

Berawal dari sebuah mimpi, diikuti semangat tinggi untuk membawa talenta muda ke pentas bola basket nasional, lahirlah Bumi Borneo Basketball, calon pendatang baru Indonesian Basketball League pada kompetisi IBL 2022 mendatang.

“Bumi Borneo ingin turut serta berkontribusi dalam memajukan ekosistem olahraga bola basket di Pontianak, Kalimantan Barat, dan Indonesia,” kata Direktur Bumi Borneo Basketball, Yansen Kamto.

Yansen yang lahir dan besar di Pontianak sudah memiliki pengalaman sebagai investor pada beberapa perusahaan berbasis digital. menginisiasi beberapa program inkubator startup, pembelajaran Android, dan pelatihan UKM digital bersama Google di Pontianak. 

Yansen juga mendapat dukungan penuh dari komisaris Isenta Hieo yang memiliki pengalaman mengelola klub sepakbola internasional. Isenta juga menjadi pemegang saham di beberapa perusahaan, mulai dari sektor keuangan, energi, hingga infrastruktur. Isenta juga berinvestasi di perusahaan berbasis teknologi digital.

Dengan pengalaman di bidang bisnis tersebut, tak heran jika Bumi Borneo sudah memiliki rencana bisnis matang paling tidak untuk lima tahun ke depan. Mitra sponsor mereka tidak hanya terbatas pada perusahaan di Pontianak dan Kalimantan Barat, tetapi juga akan menjaring sponsor dari Jakarta.

“Kami ingin menjadi klub basket kebanggaan Indonesia dan berkontribusi mengembangkan ekosistem olahraga bola basket Indonesia,” katanya. 

Dengan keikutsertaan Bumi Borneo sebagai klub profesional dari Pontianak di IBL diharapkan dapat membuka jalan dan menjadi penghubung bagi para talenta muda di Pontianak dan Kalimantan Barat agar dapat meningkatkan kualitas dan jam terbang. Pontianak dipilih sebagai home base karena para pendiri Bumi Borneo percaya akan potensi dan talenta muda di Pontianak dan Kalimantan Barat. Salah satu talenta asal Pontianak yang menonjol adalah mantan pemain Satria Muda Britama dan anggota timnas basket 3X3 Indonesia saat merebut medali perak SEA Games 2019 Filipina, Rivaldo Tandra Pangesthio.   Misi salah satu klub anggota baru IBL ini adalah membangun karakteristik sportivitas, integritas dan kolaborasi para anggota dan talenta muda Indonesia, serta  mengembangkan pembinaan usia dini yang berkelanjutan.

"Sebenarnya setiap daerah memiliki potensi talenta bolabasket, hanya dibutuhkan pemerataan akses dan kesempatan," kata Yansen.

Mari kita sambut klub yang akan jadi kebanggaan Pontianak dan Kalimantan Barat, Bumi Borneo Basketball!