News Event

Borneo Hornbills Pulang Dengan Kepala Tegak

23 July 2024
|

IBL Fans sangat menikmati perjalanan Borneo Hornbills di IBL Tokopedia 2024. Baik sejak musim reguler hingga playoffs. Bagaimana Borneo bisa bangkit dari keterpurukan di awal musim. Kemudian mereka bisa bangkit dan masuk playoffs. Hingga mencuri satu kemenangan dari tim peringkat pertama. Borneo memberi gambaran betapa usaha tidak akan mengkhianati hasil. 

Perjuangan Borneo Hornbills di IBL Tokopedia 2024 memang sudah usai, setelah mereka kalah 95-102 atas Dewa United Banten, di Game 3 Playoffs Ronde Pertama. Tapi mereka pulang dengan kepala tegak, mengingat betapa terjal jalan yang harus ditempuh wakil Kalimantan ini di liga. Mereka terseok-seok di awal musim, hingga akhirnya bisa kembali ke playoffs. 

Borneo menelan tujuh kekalahan beruntun sejak periode 13 Januari hingga 2 Maret. Di periode tersebut, mereka ditinggalkan head coach Tondi Raja Syailendra. Setelah itu, pencarian pelatih Borneo juga mengalami hambatan. Sampai akhirnya mereka menemukan Ismael Tan, yang bisa membangkitkan Borneo dari keterpurukan. 

Coach Ismael menangani Borneo dalam 21 pertandingan (termasuk playoffs). Dalam jumlah pertandingan tersebut, Borneo menang 12 kali, termasuk mencuri kemenangan dari Dewa United di playoffs ronde pertama. Borneo juga mencetak lima kemenangan beruntun pada bulan Juni, yang menjadi kunci bagi Sevly Rondonuwu dan kawan-kawan mengamankan tiket playoffs tahun ini. 

Tidak ada kekecewaan dalam wajah Coach Ismael, setelah mereka tersingkir di playoffs. Apalagi, ini menjadi tugas pertama sebagai head coach bagi Ismael Tan dalam karier kepelatihannya. "Happy banget. Puas banget, di musim pertama saya jadi pelatih kepala, saya bisa sampai di titik ini," ujarnya. 

Di tangan Coach Ismael, Borneo berubah jadi tim yang menakutkan. Mantan asisten pelatih Satria Muda Pertamina Jakarta tersebut berhasil mengeluarkan semua potensi pemain. Termasuk memberikan ruang yang besar bagi perkembangan pemain lokal. Sementara itu, keberhasilan Borneo juga dipengaruhi oleh pemain asing yang hebat seperti Michael Qualls, Steve Taylor Jr., dan Akeem Scott. 

Kekalahan kali ini dipercaya sebagai awal bagi era baru Borneo Hornbills. Karena seperti yang kita tahu, Borneo mengawali perjalanannya di liga profesional Indonesia dengan nama Bumi Borneo. Tim ini akhirnya bisa lolos ke playoffs setelah musim keduanya. Pergantian nama diharapkan bisa membawa perubahan. Meski sempat pesimis karena rekor buruk di awal musim, kini Borneo menunjukkan bahwa mereka bisa jadi salah satu kekuatan besar di liga bola basket Indonesia.

"Kalau untuk musim depan, banyak yang masih harus dibicarakan. Saya harus berbicara dengan pemain, serta dengan manajemen. Kami bisa sampai di mana musim depan, dan apa yang harus dilakukan untuk mencapai target tersebut," jelas Coach Ismael. 

Evaluasi harus segera dilakukan oleh Borneo. Karena sekarang mereka dalam momentum yang baik. Dengan memulai persiapan lebih awal, bisa jadi Borneo akan tampil lebih baik di liga musim depan. (*)

Baca Juga: Hangtuah Pulang dengan Kepala Tegak

0 Comments