Berkat IBL Indonesia Cup, Satya Wacana Percepat Terbentuknya Chemistry Pemain


Nov 18, 2022

Head coach Satya Wacana Salatiga, Jerry Lolowang bersyukur mereka bisa melewati IBL Indonesia Cup 2022 dengan mulus. Meski hanya sampai di delapan besar, mereka banyak mendapatkan pelajaran berharga. Namun pada intinya, melalui turnamen tersebut, Satya Wacana bisa mempercepat terbentunya chemistry pemain. Khususnya bagi mereka yang baru bergabung. 

Coach Jerry menjelaskan duduk permasalahan Satya Wacana sebelum berangkat ke Solo. Mereka hanya tersisa lima pemain inti, dan menambahkan beberapa nama baru. Ini menjadi kendala yang dihadapi selama turnamen. Namun coach Jerry beruntung punya pemain-pemain senior yang bisa membantu pemain baru untuk beradaptasi. 

"Pertama-tama saya bersyukur bisa menyelesaikan pertandingan. Semua berakhir baik, tidak ada yang cedera. Saya juga berterima kasih kepada tim-tim lawan yang memberikan kami banyak pelajaran. Namun kami juga memohon maaf kepada fans, karena harus terhenti di delapan besar," katanya. 

Coach Jerry sebenarnya memberi peringatan kepada anak asuhnya agar bekerja lebih keras saat menghadapi tim-tim papan atas. Mereka harus bermain lebih fisikal, bermain lebih smart, dan harus percaya diri. Namun karakter pemain muda yang ada di Satya Wacana tidak cukup kalau hanya diberi intruksi saja. Mereka harus merasakan sendiri di lapangan. 

Perkembangan Satya Wacana di turnamen ini sangat bagus. Coach Jerry terbantu dengan adanya Henry Cornelis Lakay dan beberapa pemain senior lainnya. Mereka bisa mengajarkan culture Satya Wacana, serta membantu dirinya untuk mengetahui apa yang dibutuhkan tim saat menghadapi lawan.

"Beberapa pemain senior baru memperpanjang kontrak. Sehingga mereka terlihat berapi-api. Tapi di luar itu, saya berterima kasih kepada mereka yang tahu culture Satya Wacana dan mengajarkannya kepada pemain baru," imbuh coach Jerry. 

Sementara itu, Maikel Baliba juga menyadari apa yang menjadi kelemahan timnya, dan akan diperbaiki selama persiapan menuju liga. "Saya bersyukur bisa sampai ke babak delapan besar. Semua bekerja keras, dan kami butuh banyak latihan dalam dua bulan ke depan," katanya. 

Coach Jerry juga membocorkan sedikit persiapan sebelum musim baru. Saat ini Satya Wacana mendapatkan kendala dari pemain asing. Menurut coach Jerry, pemain asingnya belum pasti datang. Namun mereka sudah menyiapkan nama-nama penggantinya. Lebih jauh, coach Jerry menjelaskan bahwa apa yang dialami di turnamen pramusim, semuanya bisa berubah di musim reguler. Karena kalau pemain asing datang, peta kekuatan klub juga berubah. (*)