Bedah Kekuatan Pelita Jaya dan Bali United


Mar 30, 2021

Pelita Jaya telihat sangat dominan di offense dan defense. Sementara kekompakan tim Bali United bisa jadi senjata ampuh untuk mendobrak pertahanan Pelita Jaya. Pertemuan pertama kedua tim bakal berlangsung sengit. 

Dari catatan statistik, Pelita Jaya mencetak field goals precentage di kisaran 42%, sedang Bali United unggul tipis dengan 43% FG precentage. Ada dua hal yang membuat Bali United lebih unggul secara akurasi tembakan. Pertama dari catatan dua poin (2PTS%), Bali mencetak 51% dan dari 3PTS%, Bali mencatatkan 30%. Lebih unggul satu angka dibandingkan Pelita Jaya. 

Melihat catatan statistik tersebut, serta memperkirakan starting line-up Bali United, maka pemain yang jadi pembeda di laga ini adalah Ponsianus 'Komink' Nyoman Indrawan dan Lutfi Eka Koswara, serta Yosua di lini kedua. Lutfi dan Yosua akan sangat berbahaya bila mendapatkan ruang untuk melakukan tembakan. 

Tetapi akurasi Pelita Jaya juga tidak boleh dipandang sebelah mata. Mereka punya Andakara Prastawa, Respati Ragil Pamungkas dan Agassi Goantara yang juga bisa dimainkan di posisi shooter. Selain itu, mereka juga punya kemampuan untuk menusuk paint area lawan. 

Keunggulan lain Pelita Jaya ada di free throw dan pertahanan. Kalau mendapatkan kesempatan free throw, Pelita Jaya bisa membuat precentage sebesar 65%. Salah satu FT% tertinggi di liga musim ini. Jadi penting bagi Bali United untuk tidak melakukan pelanggaran terlalu banyak di paint area. 

Keduanya butuh kemenangan di laga ini. Pelita Jaya ingin memanjat ke peringkat pertama. Sebaliknya, Bali United harus menang untuk menjaga asa di Playoff IBL Pertamax 2021.

Saksikan pertandingan ini di IBL TV, pada pukul 14.00 WIB. (*)