Bedah Kekuatan Louvre Dewa United Surabaya dan Bali United Basketball


Apr 05, 2021

Semua tahu bahwa Louvre Dewa United Surabaya sangat bergantung pada keberadaan Jamarr Andre Johnson. Tak terkecuali saat mereka mengalahkan Bali United Basketball pada pertemuan pertamanya. Tapi posisi Louvre berbahaya kalau offense Bali United lebih hidup.

Kekalahan Bali United dari Louvre di pertemuan pertama lalu karena mereka kurang bagus dalam offense. Khususnya dari tembakan jarak jauh. Louvre bisa memperkuat defense sehingga Bali United tidak leluasa dalam menembak. Bali hanya mencetak 2 dari 20 percobaan tembakan dari luar busur. Padahal dalam catatan statistik, Bali United adalah tim dengan 3PTS precentage adalah 30%. Sebaliknya Louvre hanya 26% untuk 3PTS precentage.

Dihitung dari field goals precentage dan 2PTS precentage pun, Bali United lebih unggul. Bali mencetak 43% untuk field goals secara keseluruhan sampai seri ketiga, serta membuat 50% dari 2PTS. Sebaliknya Louvre di kisaran 39% untuk FG total dan 47% untuk catatan dua poin mereka. Jadi penguasaan paint area di laga ini, Bali bisa lebih unggul. 

Kelebihan Louvre adalah di agresifitas mereka dalam defense. Kalau itu terjadi lagi, maka Bali bisa kalah lagi. Karena dari 13 turnovers yang dilakukan Bali, Louvre bisa mengasilkan 21 poin. Sementara Louvre juga sangat ceroboh dalam penguasaan bola. Mereka melakukan 23 kali turnovers. Tapi Bali kurang maksimal dalam memanfaatkan kesalahan yang dilakukan Louvre. 

Tetapi mengingat pentingnya pertandingan tersebut maka kedua tim pasti akan menampilkan permainan terbaiknya. Mereka akan bermain lebih efektif. Kedua tim akan saling mengeluarkana kemampuan terbaiknya. 

Pertandingan Louvre kontra Bali United akan disiarkan secara langsung di IBL TV, pada pukul 20.00 WIB. (*)