News Press Release

Beberapa Klub Melakukan Pergantian Pemain Asing

28 November 2022
|

15 klub IBL sudah memilih dua pemain asing mereka saat IBL Draft Day 2022 lalu, tetapi tidak semua pemain yang terpilih bisa memperkuat tim-tim IBL karena berbagai kendala. Manajemen IBL memutuskan memberikan kemudahan bagi klub-klub yang pemain pilihannya gagal ke Indonesia untuk menggantinya dengan pemain asing lain.

“Dalam pelaksanaan IBL Draft untuk Pemain Asing, liga telah menetapkan beberapa peraturan dan juga persyaratan yang telah disepakati oleh para agen pemain yang terdaftar secara resmi sebelumnya. Namun demikian, tim-tim yang sudah memilih pemain asing dalam Draft dapat melakukan perubahan atau mengganti pemainnya dengan situasi serta alasan yang jelas,” kata manajer kompetisi senior IBL, Rufiana.

"Klub-klub sudah menghubungi agensi pemain asing pilihan mereka masing-masing, dan memang ada beberapa pemain tak bisa memenuhi pilihan klub IBL karena berbagai alasan seperti misalnya ada yang sudah meneken kontrak dengan klub negara lain saat IBL Draft Day 2022 berlangsung.  Hal ini bisa terjadi karena perbedaan waktu," tambah  Rufiana. 

 IBL mengakomodasi situasi klub tersebut dan memberi solusi untuk mengganti pemain asing dengan pemain lain yang ada dalam daftar IBL Draft 2022. "Tentu kami juga memberi peringatan hingga sanksi kepada agensi-agensi terkait," ujar Rufi. 

Solusi ini cukup melegakan bagi klub, mengingat mereka masih bisa mencari penggantinya sebelum liga dimulai dan tidak dihitung sebagai pergantian paruh waktu.

Beberapa tim akhirnya melakukan pergantian pemain asing dikarenakan pemain yang terpilih tidak tidak dapat memenuhi rencana kedatangan. 

Bima Perkasa Jogja mengganti Tavarion Nix atau] pemain asing keduanya dengan Fuquan Niles. Elang Pacific Caesar Surabaya mengganti Maxie Esho dengan Marakinyo Williams. 

Satya Wacana Salatiga memilih Shemar Johnson dan Mervyn John menggantikan Jelan Kendrick dan Traivon Reed. Bumi Borneo mengganti Tony Criswell dengan Cameron Devon. Evos Thunder Bogor menunjuk Andre Jackson untuk mengganti Christopher Ware dan Amartha Hangtuah menggantikan Brandon James Jenkins dengan Joe Mvuezolo. 

Kami bersyukur dengan solusi pergantian yg diberikan oleh IBL terkait pemain asing yang tidak bisa datang karena satu dan lain hal, ini tentunya baik bagi kami dan beberapa klub lain dengan case yang sama sehingga kami tidak kehilangan hak penggantian pemain asing paruh waktu nanti. kata Alvin Indra, manajer tim Bima Perkasa Jogja. 

"Klub masih bisa memilih pemain asing pengganti asalkan pemain pengganti dipilih dari daftar yang sudah ada. Tentu saja memiliki nilai yang sama dengan pemain yang digantikan. Serta pemain yang telah terpilih oleh suatu klub dan menyatakan tidak dapat hadir tidak dapat dipilih kembali oleh klub lain," ujar Junas Miradiarsyah. 

Jelang musim 2023 bulan Januari mendatang, para pemain asing diharapkan dapat mulai datang di Indonesia pada akhir November ini.

Baca Juga: Hangtuah Ganti Scott James Sill II dengan Lewis Diankulu

0 Comments