Bank BPD DIY Bima Perkasa Tunjuk David Singleton Sebagai Arsitek Baru


Nov 28, 2020

Bank BPD DIY Bima Perkasa ternyata serius mendatangkan David Singleton. Kabar ketertarikan mereka dengan pelatih asal Amerika Serikat tersebut sudah lama berhembus. Namun baru kini Bima Perkasa dan Singleton akhirnya sepakat berkerja sama. Singleton sebelumnya menangani Pacific Caesar Surabaya di IBL Pertamax 2020.

Pada bulan Agustus 2020 lalu, tepat tiga tahun Raoul Miguel Hadinoto menjadi pelatih kepala di Bima Perkasa. Dia ditunjuk menggantikan Liem Jiang Ren pada tahun 2017 lalu. Manajemen memutuskan untuk tidak memperpanjang kontrak Coach Ebos, dan mencari sosok baru. Nama yang diincar saat itu adalah David Singleton. Mantan pelatih Saigon Heat, yang musim lalu diboyong Pacific Caesar Surabaya.

Manajemen Bima Perkasa, melalui presiden klub, dr. Edy Wibowo secara resmi mengumumkan bahwa Coach Dave akan menangani Bima Perkasa musim depan. Kabar ini tentu sangat menggembirakan, terutama bagi IBL Fans yang berasal dari Jogjakarta. 

"Kami serius untuk mengembangkan pemain muda yang dimulai dari akademi. Konkritnya nanti, David Singleton selain menjadi pelatih tim utama, dia juga bersedia turun ke sekolah-sekolah. Harapannya nanti kombinasi kerjasama ini (Singleton dan Bima Perkasa) bisa memberi dampak bagi perbasketan tanah air. Selain itu prestasinya sebagai pelatih juga tidak perlu diragukan lagi," kata dr.Edy.

David Singleton adalah sosok di balik kesuksesan Saigon Heat di liga basket Vietnam. Selama bertugas sebagai rsiteki Saigon Heat tiga musim, Singleton mengubah tim tersebut menjadi salah satu tim terkuat di Vietnam. Singleton juga pernah menjadi asisten pelatih Heat ketika tampil di ASEAN Basketball League (ABL). 

Sebelum bergabung dengan waralaba Saigon Heat, Singleton menjabat sebagai manager coach di klub Can Tho Catfish. Sampai akhirnya, Pacific Caesar membawanya ke IBL. (*)