Bambang Asdianto Pribadi : Paparkan Pentingnya Memahami Statistik


Nov 26, 2020

Tak hanya soal teknik dan bersikap, para pemain peserta IBL Rookie Combine 2020 juga dibekali pengetahuan tentang bagaimana memahami statitisk pertandingan dan statistic individu. Pengetahuan tentang statistic diberikan oleh Bambang Asdianto Pribadi, seorang pelatih yang memang pakar menganalisis data statistic. Bambang pernah menangani tim nasional putri Indonesia yang sukses meraih medali perak pada SEA Games  2015 di Singapura.

Bambang mengajarkan bagaimana membaca box score serta menghitung nilai efisiensi masing-masing pemain. Serta bagaimana memahami peran seorang pemain dengan menganalisa angka pertandingan ketika pemain tersebut bermain dibandingkan dengan saat dia di bangku cadangan. 

Lewat statistik, Bambang memaparkan bagaimana seorang pemain berperan penting tak hanya lewat mencetak angka saja. Bisa jadi angka yang dihasilkan tidak banyak, namun perannya terasa ketika dia bermain. “Ada pemain yang bikin tim menang karena point differensial ketika dia diturunkan sangat bagus,” tuturnya.

Dengan membaca statistik tim, para pemain bisa menyimpulkan apa kekurangan dalam tim mereka dan bagaimana harus berperan. “Tanyakan pada coach kalian, apa yang diperlukan dari Anda,” kata Bambang.

“Tanyakan juga apa yang coach inginkan untuk Anda kembangkan. Perhatikan tim Anda, dan kenali dimana Anda berada,” sambungya. “Setelah melakukan observasi bekerjalah sesuai value kalian, kemudian kontrol peran Anda,” tambahnya.

Bambang meminta para peserta rookie combine tidak berasumsi. “Tanya asisten pelatih untuk membantu Anda mengerti tentang statistik saat Anda dibutuhkan,” tegasnya.

“Let’s get to work for increase your value for the best of you,” pungkas Bambang.