Andakara Prastawa Dhyaksa dan Abraham Damar Grahita, Duel Guard Terbaik Indonesia


Mar 04, 2021

IBL 2021 semakin dekat. Ini membuat IBL Fans tak sabar menyaksikan laga-laga seru yang melibatkan persaingan pemain-pemain terbaik di Indonesia. Pertandingan yang paling dinanti salah satunya pertemuan antara Prawira Bandung berhadapan dengan Pelita Jaya Bakrie Jakarta. Di mana, tim-tim tersebut punya dua guard terbaik di liga saat ini. 

Tentunya IBL Fans tahu bahwa dalam nominasi peraih MVP IBL 2020, ada dua nama pemain Indonesia Patriots. Mereka adalah Andakara Prastawa Dhyaksa dan Abraham Damar Grahita. Pada akhirnya, Abraham yang menyabet gelar pemain terbaik. Tapi pada IBL 2021 nanti keduanya berpisah. Prastawa kembali ke Pelita Jaya, sedangkan Abraham, setelah tidak lagi bersama Stapac Jakarta, kini bergabung dengan Prawira.

Alasan mengapa pertemuan kedua tim menjadi menarik, sebab Prastawa dan Abraham nantinya akan saling berhadapan. Meski tugas mereka mungkin berbeda. Prastawa dikenal sebagai point guard playmaker. Bila dilihat dari susunan pemain Prawira, maka yang mungkin berhadapan dengan Prastawa adalah Arif Hidayat. Tetapi Prastawa punya akurasi tembakan yang berbahaya. 

Prastawa musim lalu mencetak 9,6 PPG, 3,0 RPG dan 4,8 APG, dengan FG% sebesar 44,5 persen. Jadi untuk menjaga Prastawa tidak cukup hanya satu orang. Tentu, Abraham bisa jadi alternatif. Karena keduanya sudah akrab. Sebelum bermain bersama di Indonesia Patriots, Abraham dan Prastawa pernah satu tim di Stapac Jakarta (2017-18). 

Sebaliknya, Abraham memikul tugas berat di Prawira. Dia akan jadi ujung tombak utama klub, dengan catatan rata-rata musim lalu sebesar 13,6 PPG, 3,6 RPG, dan 2,8 APG, serta FG% sebesar 45,2 persen. Prediksinya, Abraham akan fokus pada offense, sedangkan Arif Hidayat akan fokus di defense. Tapi perlu diingat, Prawira punya kapten yang sangat berbahaya yaitu Diftha Pratama. Dia termasuk pemain berpengalaman dan produktif. Diftha musim lalu mengoleksi 8,0 PPG, 3,0 RPG, dan 2,0 APG. 

Bukannya mengesampingkan pemain lainnya, namun duel Pelita Jaya kontra Prawira musim depan akan menyita perhatian. Bukan hanya tentang kualitas tim saja, namun permuan antara dua guard terbaik tanah air yaitu Prastawa dan Abraham. (*)