News News

Allen West Pamit dari Satria Muda

25 February 2023
|

Allen West mengundurkan diri dari tim Satria Muda Pertamina (SM Pertamina) efektif pada hari Selasa (21/2). Pemain yang dipilih pada putaran kedua IBL Draft November lalu ini memutuskan untuk mengakhiri masa baktinya bersama SM Pertamina lebih awal atas alasan kepentingan keluarga yang mendesak . AJ West yang selama di SM Pertamina mengenakan kostum nomor 25 sempat bermain sebanyak 10 pertandingan untuk SM Pertamina dengan rataan waktu bermain sebesar 16 menit pada setiap pertandingan. Pemain yang sebelumnya sempat memperkuat Wesports Malaysia Dragons di ASEAN Basketball League pada tahun 2019 ini menyampaikan niatnya untuk pulang ke Amerika Serikat selepas Seri III IBL di Surabaya berakhir.

 

"Keputusan AJ (West) memang cukup mengejutkan bagi kami, namun setelah berdiskusi empat mata dengannya, kami mendapat sinyal bahwa keinginannya sudah bulat untuk kembali ke Amerika Serikat. Mulanya kami harap dia bisa terus bersama tim setidaknya hingga paruh musim, namun kita harus menghormati kemauan dan alasan yang Ia sampaikan," ujar Rony Gunawan, Wakil Presiden bidang bola basket Satria Muda. Kepulangan AJ yang mendadak ini secara otomatis menempatkan SM Pertamina pada posisi yang menantang, terutama pada posisi center, dimana AJ sering mengambil peran signifikan sebagai pendamping Elijah Foster, legiun asing lain milik SM Pertamina. Belum lagi talenta muda Kelvin Sanjaya yang kerap melapisi duo pemain impor itu, saat ini juga tidak dapat bermain untuk SM Pertamina setidaknya hingga paruh musim guna memenuhi panggilan tim nasional muda Indonesia.

 

"Kita tentu aktif mencari pemain pengganti untuk mengisi pos yang ditinggalkan AJ, namun kita tidak akan terburu-buru. Lagi pula dengan kekuatan yang ada saat ini, kita masih percaya bahwa kita tetap mampu bersaing dengan kontestan-kontestan lain di liga," tambah Rony. AJ West sendiri praktis sudah tidak bergabung ke sesi latihan tim jelang persiapan ke lanjutan IBL Tokopedia 2023 di Solo yang mulai Sabtu (25/2) esok. Paska menyampaikan niatnya untuk kembali, Ia tidak lagi bergabung dengan sesi latihan tim. Ia meninggalkan Kelapa Gading untuk bertolak ke New York pada Selasa malam. Dengan demikian, SM Pertamina akan tampil dengan satu pemain asing saja pada seri ke-4 di Solo akhir pekan ini.

Disinggung mengenai kemungkinan mendatangkan pemain asing baru sebelum seri ke-5 di Semarang, yang akan jadi seri pamungkas sebelum libur bulan puasa, Rony Gunawan belum mengkonfirmasi. "Prinsipnya kami tidak akan terburu-buru dan akan menimbang semua kemungkinan yang tersedia. Kami perlu hati-hati untuk mencari pemain asing yang bisa menyesuaikan diri dengan cepat dalam skema yang dibangun oleh Pelatih. Ada beberapa nama yang kami pertimbangkan, namun saat ini kami masih matangkan," pungkas Rony.

Baca Juga: Anthony Allen Jr. Top Blocks IBL Tokopedia 2023

0 Comments