Akurasi Tembakan Prawira Beradu dengan Pertahanan Kokoh Patriots


Mar 29, 2021

Membedah kekuatan Indonesia Patriots dan Prawira Bandung sangat menarik. Karena kedua tim punya kelebihan dan kekurangan masing-masing. Namun di pertemuan kali ini, Prawira akan memamerkan akurasi tembakannya. Sementara Patriots punya kekuatan untuk bertahan dari serangan Prawira.

Dari sisi field goals precentage, Prawira unggul atas Patriots. Prawira di kisaran 43% dan Patriots di angka 39%. Dari data ini saja, bisa diketahui bahwa Patriots kan kesulitan menghadapi serangan Prawira. Seperti yang dikatakan manajer tim Patriots, Andi "Batam" Poedjakesuma bahwa pemainnya harus meningkatkan field goals precentage bila ingin menang. 

Kelebihan Prawira ada pada guard dan center. Karena guard mereka seperi Abraham Damar Grahita, Arif Hidayat, dan Januar Kuntara bisa menusuk paint area dengan baik. Sementara Firman Dwi Nugroho dan Pandu Wiguna adalah sosok bigman yang mumpuni di defense dan offense. Jadi wajar kalau Prawira bisa mengumpulkan 2PTS precentage sebesar 52%. Berbeda dengan Patriots yang ada di kisaran 46% untuk dua poin. 

Produktifitas poin Patriots datang dari tembakan tiga poin. Mereka mencetak 29% untuk 3PTS. Mereka bisa memanfaatkan kelebihan tersebut untuk menyerang Prawira. Tapi sayangnya, Prawira juga membuat persentase yang sama (29%). Kemudian soal free throw keduanya juga sama kuat. Patriots di kisaran 65%, dan Prawira 64%.

Salah satu kelebihan Patriots hanya terlihat dari defense. Mereka bisa membuat 3,5 block per game setelah 10 pertandingan. Inilah yang menjadi kekuatan Patriots sekaligus cara untuk meredam serangan Prawira. 

Saksikan hanya di IBL TV, pukul 11.00 WIB. (*)