Adu Kekuatan Dior Lowhorn dan Elijah Foster di Bawah Ring


Aug 26, 2022

Final IBL Tokopedia 2022 akan dimulai pada Sabtu, 27 Agustus, yang mempertemukan antara Pelita Jaya Bakrie Jakarta melawan Satria Muda Pertamina Jakarta. Salah satu faktor yang bakal jadi sorotan utama adalah kehadiran pemain asing. Keduanya punya pemain asing yang dominan di bawah ring. PJ punya Dior Lowhorn, dan Elijah Foster ada dalam roster SM.

Lowhorn adalah pemain yang sangat bisa diandalkan di paint area. Dalam 25 game, dia bisa mencetak rata-rata 17,9 ppg, 9,6 rpg, dan 1,6 apg. Dengan penampilan rata-rata sebanyak 23,4 menit per game. Kalau dilihat secara keseluruhan, untuk IBL musim ini, dia mencetak 447 poin dan 240 rebound, dengan 2PTS field goals precentage mencapai 62,7%. Jadi jangan harap bisa menghentikan Lowhorn kalau dia sudah membawa bola di bawah ring.

Kelebihan lain dari pemain berusia 35 tahun ini adalah kecerdikannya melihat peluang. Bisa dilihat dari catatan assist-nya yang mencapai 39 assist dalam satu musim. Ini menggambarkan kedewasaan dalam bermain. Kalau dia tidak bisa mengeksekusi bola, maka Lowhorn akan memberi kesempatan pada pemain lain. Sementara untuk kelemahannya, ada di free throw. Dia hanya mencetak 57,1% untuk free throw precentage. Masih di bawah catatan Elijah Foster milik SM. 

Beralih ke Foster, pemain dengan tinggi 198 cm tersebut mampu mencetak statistik rata-rata sebesar 18,0 ppg, 11,8 rpg, dan 1,2 apg dalam 23,5 menit per game. Dari sini bisa dilihat kalau Foster lebih dominan dalam hal poin dan rebound. Ini sangat membantu SM khususnya di paint area. Terbukti, di Playoffs kontribusinya naik menjadi 20,8 ppg dalam 4 kali pertandingan sejak putaran pertama sampai semifinal. 

Kelebihan lainnya adalah di free throw. Karena Foster lebih tenang dalam mengeksekusi free throw sehingga bisa mencetak precentage sebanyak 73,6%. Free throw terkadang bisa membantu tim untuk bisa memenangkan sebuah pertandingan, dan Foster punya kesadaran akan hal tersebut. Namun Foster sendiri punya kelemahan, karena dia mencetak 2PTS precentage sebesar 60,6%, atau 2% di bawah Lowhorn. Dengan kata lain, Foster harus lebih kuat lagi ketika berhadapan dengan Lowhorn di bawah ring. 

Pertarungan kedua algojo paint area ini akan jadi sajian menarik di Final IBL Tokopedia 2022, yang akan dimulai pada Sabtu, 27 Agustus, di GOR C-Tra Arena, Bandung. Fans atau pendukung kedua tim bisa menyaksikan tim kesayangannya bertanding. Karena perjuangan mereka untuk mencetak sejarah di IBL butuh dukungan dari fans. (*)