8 Tim Masuk Playoffs IBL Gojek 3x3 Seri Surakarta, West Bandits Malah Tak Lolos


Sep 24, 2022

IBL Gojek 3x3 Indonesia Tour 2022 berlanjut ke Seri Surakarta, pada 24 hingga 25 September ini. Setelah melewati persaingan sengit di babak penyisihan grup, akhirnya delapan tim sudah memastikan diri lolos ke Playoffs. Ironisnya, justru tim tuan rumah West Bandits Combiphar Solo tidak lolos. Mereka malah kalah tiga laga berturut-turut. 

Satya Wacana Salatiga menjadi tim pertama yang lolos babak perempat final dengan menang dua kali atas Satria Muda Pertamina Jakarta (14-12), dan Tangerang Hawks (11-5). Kemudian setelah SM menang 11-5 atas Hawks, maka mereka melaju ke babak selanjutnya sebagai runner-up Pool A. Jadi dari Pool A ini, Satya Wacana dan SM yang masuk perempat final. 

Beralih ke Pool B di mana tim Bima Perkasa Jogja tampil meyakinkan. Mereka sapu bersih di babak penyisihan dengan mengalahkan NSH Mountain Gold Timika (12-9), Bumi Borneo Pontianak (10-8), dan Amartha Hangtuah Jakarta (16-15). Setelah Bima Perkasa menjadi juara Pool B, maka ada tim yang menyusulnya sebagai runner-up. Mereka adalah Bumi Borneo yang mencuri dua kemenangan atas Hangtuah (14-8), dan NSH (17-8). 

Dari Pool C, dua wakilnya yang lolos adalah Bali United Basketball dan Prawira Bandung. Bali United menjadi juara Pool C dengan sapu bersih tiga kemenangan. Mereka mengalahkan Evos Thunder Bogor (14-12), Prawira (16-13), dan Pelita Jaya Bakrie (16-14). Sementara, Prawira yang sempat kalah dari Bali United, bisa memenangkan dua laga. Prawira mengalahkan Pelita Jaya (12-11) dan Evos (10-9). 

Dari grup terakhir atau Pool D, Dewa United Surabaya menang tiga laga beruntun yakni melawan Pacific Caesar Surabaya (15-7),  West Bandits Combiphar Solo (15-7), dan RANS PIK Basketball (8-6). Posisi runner-up Pool D diisi oleh Pacific yang berhasil menundukkan RANS (15-7), dan West Bandits (21-16). Dengan hasil ini, maka West Bandits gagal memuaskan pendukung tuan rumah. Karena mereka menelan tiga kekalahan beruntun. 

Skema di babak perempat final juga sudah terbentuk. Satya Wacana akan menghadapi Prawira Bandung, lalu Dewa United akan ditantang Bumi Borneo. Sementara Bima Perkasa yang pernah dua kali masuk final akan menghadapi Pacific Caesar. Sedangkan dua kali juara seri IBL Gojek 3x3, Satria Muda akan berhadapan denga Bali United. 

Pertandingan IBL Gojek 3x3 Seri 4 ini akan dilanjutkan pada hari Minggu, 25 September 2022. Semua pertandingan digelar di The Park Mall Solo. Penonton bisa hadir untuk menyaksikan keseruan pertandingan secara langsung. (*)