18 Hari Jelang FIBA Asia Cup 2022, Kepercayaan Diri Dipegang Penuh


Jun 23, 2022

FIBA Asia Cup 2021 hanya tinggal menghitung hari. Ajang empat tahunan itu bakal hadir di Jakarta pada 12 Juli 2022.

Menjelang bergulirnya FIBA Asia Cup 2022, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali, penuh kepercayaan diri. Selain sukses penyelenggaraan, Menpora meminta tim nasional basket Indonesia juga berprestasi.

“Mereka harus menang,” ujar Menpora di hadapan Ketua Umum Perbasi, Danny Kosasih, Sekretaris Jendral Perbasi, Nirmala Dewi, dan Ketua Pelaksana FIBA Asia Cup 2022, Junas Miradiarsyah, Kamis (23/6).

Kalau menyesuaikan dengan perhitungan hari ini tersisa 18 hari lagi kita akan menjadi tuan rumah penyelenggaraan FIBA Asia Cup. Dari laporan yang disampaikan Perbasi dan Panpel sepertinya kita sudah siap," kata Amali dalam jumpa persnya Kamis (23/6/2022).

"Kesiapan kita seperti yang selalu saya sampaikan berujung pada kesuksesan. Sukses pertama penyelenggaraan, lalu sukses prestasi. Artinya Timnas harus bisa lolos FIBA World Cup, lalu sukses administrasi."

Dalam laporan kepada Menpora, Junas juga menjelaskan rangkaian acara yang akan berlangsung sebelum FIBA Asia Cup 2022 antara lain Trophy Tour dan parade.

“Sebelum dimulai, kami mengajak masyarakat untuk ikut berpartisipasi dengan berparade mendribel 2022 bola. Acara ini nantinya akan terpusat di Monas dan berakhir di Istana,” ujar Junas.

“Sementara untuk penonton, saat ini kami sudah mendapat kepastian akan menggunakan 70 persen kapasitas dari Istora,” imbuhnya.

FIBA Asia Cup 2022 akan berlangsung di Istora Senayan pada 12 hingga 24 Juli. Tim nasional basket Indonesia berada di Grup A bersama dengan Yordania, Arab Saudi, dan Australia.