News Event

Valentino Wuwungan Pindah ke Bumi Borneo

14 September 2023
|

Setelah pamit dengan RANS PIK Basketball, Valentino Wuwungan melanjutkan kiprahnya di basket profesional Indonesia bersama Bumi Borneo Basketball Pontianak. Kabar ini langsung dikonfirmasi pemain 33 tahun tersebut. Dia ingin memperkuat barisan paint area Bumi Borneo yang punya potensi besar menjadi kontender di IBL musim depan. 

Tino (sapaan akrabnya) akan berseragam Bumi Borneo, yang menjadi tim keenam sepanjang kariernya. Dia dulu pernah membela Satya Wacana, Stadium, Stapac, Pelita Jaya, dan terakhir RANS selama dua musim (2022 dan 2023). "Kalau paling lama itu di Stadium dan Pelita Jaya. Saya berada di klub tersebut selama empat tahun masing-masing," kata Tino, Kamis (13/9). "Saya sudah sejak Kamis lalu berlatih bersama Bumi Borneo"

Kalau dilihat dari catatan statistik sejak 2017 hingga 2023, maka penampilan terbaik Tino ada di musim 2023. Di mana dia bisa mencetak 4,9 ppg, 3,9 rpg, dan 1,1 apg di musim reguler. Kemudian di playoffs meningkat jadi 5,7 ppg dan 2,7 rpg. Sementara itu, penampilan terbaik kedua saat ada di Pelita Jaya musim 2018-19, di mana Tino bisa mencetak 4,7 ppg, 4,3 rpg, dan 1,3 apg dalam 18 pertandingan. Performanya meningkat jadi 5 ppg, 4,5 rpg, 4 apg, dan 1 spg di babak playoffs. 

"Target saya di Bumi Borneo nanti adalah menang setiap pertandingan, dan pasti di manapun tempat saya bernaung, saya selalu ingin bisa membawa tim menjadi juara," ungkapnya. 

Bumi Borneo musim lalu berhasil lolos ke playoffs untuk pertama kalinya sejak berlaga di IBL. Jelas prestasi ini harus dipertahankan, dan tentunya dengan memperbaiki komposisi pemain, Bumi Borneo berharap bisa lebih baik di musim depan. Tino yakin Bumi Borneo akan bisa bersaing musim depan. "Tim ini memiliki pemain-pemain muda potensial. Semuanya memiliki peluang menjadi pemain hebat," ujarnya.

Musim depan bersama Valentino Wuwungan, Bumi Borneo tentu ingin hasil lebih baik lagi. Kita tunggu perkembangan positif pasukan asuhan Tondi Raja Syailendra ini.

Ikuti terus perkembangan liga lewat iblindonesia.com. (*)

Baca Juga: Bumi Borneo Usung Nama Anyar, Valentino Wuwungan Tak Sabar Unjuk Gigi

0 Comments