Ulasan Paruh Musim: Indonesia Patriots Harus Simpan Tenaga


Feb 12, 2020

Indonesia Patriots masih menduduki peringkat pertama di klasemen sementara Indonesian Basketball League (IBL) 2020. Setidaknya hingga paruh musim atau empat seri reguler season. Mungkin kita tidak boleh berharap banyak pada penampilan Patriots di IBL, karena sedang menyimpan tenaga untuk agenda besar.

Agenda besar yang dimaksud adalah FIBA Asia Cup 2021 Qualifiers yang akan digelar bulan Februari 2020 mendatang. Seperti yang kita tahu bahwa Patriots adalah program PP Perbasi untuk timnas Indonesia. Mereka sengaja diikutkan IBL untuk menambah menit bermain. Tetapi di IBL mereka juga harus berjuang untuk membuktikan bahwa mereka tim terbaik, karena berisi pemain-pemain terbaik di Indonesia.

Pada FIBA Asia Cup 2020 Qualifiers, Indonesia dijadwalkan bertanding melawan Korea pada 20 Februari 2020. Kemudian menjamu Filipina pada 23 Februari 2020. Kedua pertandingan ini berlangsung di Britama Arena, Sportmall Kepala Gading, Jakarta. Artinya, wajar bila Indonesia Patriots menyimpan tenaga di Seri IV Jogjakarta, 6-8 Februari lalu.

Di luar hal tersebut, ternyata Patriots mencatat statistik yang bagus. Mereka ada di urutan pertama untuk poin . Selama empat seri, atau 10 pertandingan, Patriots menghasilkan 84,4 PPG, dan 41,5 RPG (rangking 4 di liga). Lester Prosper masih menjadi momok menakutkan bagi pertahanan lawan. Ia mampu menyubang 17,1 PPG dan 12,9 RPG dalam 10 laga. 

Sejauh ini, Patriots sudah mengumpulkan delapan kemenangan dari 10 laga. Mereka kalah dari Pelita Jaya Bakrie dan NSH Jakarta. Bila dihitung poin, maka Patriot kini mengumpulkan 18 poin, dan masih nyaman di puncak klasemen.

Memprediksi seri selanjutnya, mungkin penampilan Patriots akan menurun. Ini karena mereka akan mengerahkan tenaga dan fokus menghadapi Korea dan Filipina. Sebab Seri V Kediri akan digelar setelah FIBA Asia Cup 2021 Qualifiers selesai.