News Tim Nasional

Timnas Putra Indonesia Sapu Bersih Fase Penyisihan Grup B

14 May 2023
|

Timnas Basket Putra Indonesia menyapu bersih pertandingan di babak penyisihan Grup B, menyusul kemenangan atas Thailand dengan skor 87-69, di Morodok Techo Stadium, Kamboja, Minggu (14/5) malam. Indonesia melaju ke semifinal dengan predikat sebagai juara Grup B. Lawan berat menunggu di semifinal, yakni Filipina. 

Indonesia kembali mengalami slow start di laga melawan Thailand. Kali ini, Indonesia tertinggal 12-22 di kuarter pertama. Mereka belum bisa bangkit di kuarter kedua, sehingga Thailand masih unggul 38-27 di first half. Namun setelah jeda, timnas Indonesia bangkit untuk merebut kemenangan. Mereka mencetak 60 poin di babak kedua untuk memenangkan pertandingan dengan margin 18 angka. 

Lester Prosper menjadi top score dengan catatan 20 poin. Namun penampilan luar biasa ditunjukkan oleh Jerome Anthony Beane Jr. dengan catatan 18 poin dan delapan rebound. Dari bangku cadangan, Kaleb Ramot Gemilang menyumbang 12 poin. Sebaliknya dari kubu lawan, Antonio Price Soonthornchote mencetak 18 poin, disusul Moses Morgan dengan kontribusi 14 poin. 

"Kami star lambat, dan tidak boleh diulangi untuk pertandingan besok. Karena kami harus menjalani tiga pertandingan berturut-turut. Besok semifinal, harus lebih fokus lagi. Kesalahan harus diminalisir," kata kapten timnas putra Andaka Prastawa Dhyaksa.

Lewat kemenangan hari ini, Indonesia berhasil mendapatkan posisi pertama di klasemen Grup B. Sebelumnya, Indonesia menang 141-37 melawan Laos, dan mengalahkan Vietnman dengan skor 88-82. Sementara dari Grup A, tuan rumah Kamboja menjadi juara grup dengan rekor 3-0. Sedangkan runner-up Grup B adalah Filipina, yang menang dua kali setelah sempat kalah dari Kamboja. 

Babak semifinal akan digelar besok, 17 Mei 2023. Kamboja akan berhadapan dengan Thailand. Sedangkan Indonesia akan berhadapan dengan Filipina. Pertandingan ini akan sangat menarik, mengingat Filipina memang mengincar kemenangan dari Indonesia. Mereka ingin menuntut balas atas kekalahan pada edisi sebelumnya. Jadi skuad asuhan Milos Pejic harus berhati-hati di babak semifinal nanti. (*)

Baca Juga: Duel Seru Menanti di Laga Klasifikasi

0 Comments