News Tim Nasional

Timnas Indonesia Hampir Terjegal Vietnam

13 May 2023
|

Timnas Basket Putra Indonesia meraih kemenangan kedua di ajang SEA Games 2023 di Kamboja. Mereka mengalahkan Vietnam di babak penyisihan Grup B dengan skor tipis 88-82. Cukup sulit untuk mendapatkan kemenangan ini. Sebab di awal, Indonesia kurang agresif. Namun mereka bisa menutup dengan kemenangan dan mengamankan satu tiket ke semifinal. 

Diakui asisten pelatih timnas, Johannis Winar, bahwa anak asuhnya kurang bagus di awal laga. Sejak awal lawan tampil percaya diri, mereka bisa mengembangkan permainan dan kami tidak mampu mengantisipasi dengan baik," jelasnya.

Indonesia tertinggal 16-24 di kuarter pertama. Namun sebelum first-half ditutup, Anthony Beane membuat Indonesia berbalik unggul 44-41 melalui tembakan three point. Indonesia berhasil memenangkan laga ini lewat penampilan solid Andakara Prastawa Dhyaksa. Dia mencetak 27 poin, yang jadi catatan terbanyak dengan 5 three point dari 7 attempt. Prastawa kali ini bertindak sebagai stater bersama Juan Laurent Kokodiputra, Anthony Beane, M. Arighi, dan Lester Prosper. 

Selain Prastawa, kontribusi poin cukup besar juga dicetak oleh Anthony Beane dengan 23 poin. Sedangkan Lester Prosper menyumbang 13 poin dan merebut tujuh rebound. Indonesia memang memenangkan pertarungan rebound dari Vietnam dengan perbandingan 46-32. Tetapi yang patut di garis bawahi adalah catatan field goals timnas kali ini kurang bagus dengan 32 tembakan dari 79 attempt atau dengan persentase 40%. 

"Permainan anak-anak juga gak konsisten. Naik turun," lanjut coach Ahang, sapaan akrab asisten pelatih timnas. "Pada laga berikutnya kami tidak boleh bermain dengan gaya seperti ini. Terlihat kami kesulitan untuk menemukan bentuk permainan terbaik kami. Saat lawan mendapat momentum, kami susah payah untuk bangkit dan ini menjadi pembelajaran berharga untuk kami." 

Sebelum menang melawan Vietnam, Timnas basket putra Indonesia meraih kemenangan besar saat menjamu Laos dengan skor telak 141-37. Berikutnya, Indonesia akan berhadapan dengan Thailand. Laga kali ini cukup berat, mengingat Thailand juga menurunkan kekuatan terbaiknya. Thailand dan Indonesia sama-sama memenangkan dua laga. Jadi pertandingan nanti akan jadi penentuan siapa yang menududuki puncak klasemen Grup B. (*)

Baca Juga: Prestasi Terbaik Basket Indonesia Sepanjang Sejarah SEA Games

0 Comments