News News

Timnas Basket Putri Indonesia Cetak Tiga Kemenangan Beruntun

14 August 2023
|

Luar biasa Timnas Putri. Para Srikandi Indonedia itu sukses bukukan Hat-trick di FIBA Women’s Asia Cup 2023 Division B. 

Ini setelah pada Selasa siang (15/8), Henny Sutjiono dkk mengandaskan perlawanan Iran 65-56 di Nimibutr Stadium, Thailand. Sebelumnya, Timnas Putri sukses mengatasi Mongolia dan Malaysia.

Catatan belum terkalahkan di penyisihan Grup A ini mengantarkan Timnas Putri kuasai klasemen grup A. Dengan capaian ini, Henny Sutjiono dkk berhak tiket langsung ke semifinal. 

Partai semifinal dilaksanakan pada 18 Agustus 2023. Lawannya, menunggu pemenang antara Malaysia melawan Thailand. 

Sinyal bahwa Indonesia akan mampu mengatasi perlawanan Iran terlintas enak kuarter pertama. Para Srikandi Indonesia itu sukses mengunci kuarter pertama dengan kedudukan 19-13.

Pada kuarter kedua, Iran memberikan perlawanan. Mereka sukses menambah 15 poin sementara Indonesia mencetak 8 poin. Situasi ini membuat Indonesia menyerahkan kuarter kedua kepada Iran dengan kedudukan 27-28.

Pada second half, Iran kembali tampil dominan. Mereka sukses menambah 16 poin sedangkan Indonesia memproduksi 13 angka. Kuarter ini Iran masih unggul 40-44.

Mental juara Timnas Putri muncul di kuarter keempat. Pada kuarter ini, Henny Sutjiono dkk tampil spartan. Mereka lebih agresif. Mesin poin juga berputar kencang.

Kimberley Pierre-Louis membuka keran poin dengan layup. Kimberley makin menggila di kuarter ini. 25 poin dicetak pemain Indonesia di kuarter ini sedangkan Iran cetak 12 angka. Tambahan poin ini membuat Indonesia unggul 65-56.

Kimberley menjadi pencetak poin terbanyak Indonesia dengan 26 poin, 15 rebound, dan 5 asis. Kemudian dari Iran ada Negin Rasoulipour dengan donasi 16 poin, 5 rebound, dan 3 asis.

“Dari 2 pertandingan terakhir kita bisa lihat kalau tim ini sudah jadi tim yang beda dari tim beberapa tahun lalu. Para Pemain kita sekarang sudah bisa “control the game”, meski tertinggal mereka sekarang sudah bisa lepas dari tekanan tepat di saat yang diperlukan,” jelas Pelatih Timnas Putri Marlina Herawan.

“Beda dengan beberapa tahun lalu yang sangat sulit melepaskan diri dari tekanan lawan. Ini menunjukan kematangan mereka semua,” lanjutnya. 

Meski demikian, Coach Marlina bersama para Pelatih tetap berharap para pemain untuk selalu konsisten dari awal. 

“jadi kami juga ga deg-degan terus di setiap pertandingan,” ucapnya. 

Dengan capaian saat ini, Timnas Putri menyisakan dua pertandingan lagi untuk promosi ke Divisi A. Partai semifinal dan final. 

“Tanggung, tinggal 2 game lagi, yuk fokus kita Cetak Sejarah Baru lagi utk Indonesia!,” tukasnya.

Baca Juga: Timnas Basket Putri Selangkah Lagi Mengukir Sejarah

0 Comments