News Event

Tim-tim Unggulan Masuk Babak Knock-Out

08 October 2023
|

Sebelumnya, liga merilis tour standings IBL Tokopedia 3x3 Indonesia Tour 2023 setelah tiga seri. Kemudian pada hari pertama seri keempat di Yogyakarta, tim-tim unggulan berhasil melewati babak penyisihan grup. Dari delapan besar, RANS PIK Basketball dan Satya Wacana Salatiga yang terpeleset.

IBL Tokopedia 3x3 Indonesia Tour 2023 seri keempat berlangsung di Plaza Ambarrukmo, Yogyakarta. Di hari pertama, babak penyisihan berjalan sengit luar biasa. Pasalnya terjadi dua pertandingan yang harus diselesaikan dengan overtime. Maklum, karena semua tim bersaing ingin memperbaiki posisi mereka di klasemen akhir dan masuk fase delapan besar atau seri Grand Final di Solo. 

Dimulai dari Grup A, di mana kali ini Bumi Borneo Basketball Pontianak berkuasa. Mereka menang 13-10 melawan Pacific Caesar Surabaya, dan mengalahkan Prawira Harum Bandung dengan skor 12-11 lewat tambahan waktu. Prawira kali ini tidak diperkuat M. Fhirdan Maulana Guntara dan Hans Abraham. Bumi Borneo dan Prawira lolos ke fase knock-out. 

Grup B praktis menjadi milik Amartha Hangtuah Jakarta. Mereka sapu bersih dengan mengalahkan Mountain Gold Timika (14-9), lalu menang 13-11 atas Satya Wacana Salatiga lewat tambahan waktu, dan terakhir mengalahkan West Bandits Solo (12-9). Hangtuah lolos ke fase knock-out sebagai juara Grup B. Sementara di peringkat kedua ada West Bandits Solo karena menang dua kali di babak penyisihan. 

Satria Muda Pertamina Jakarta juga sapu bersih. Mereka menang 19-5 atas Bali United Basketball Club, lalu mengalahkan Dewa United Banten (17-7), dan terakhir Tangerang Hawks Basketball (12-10). Sebagai tim yang mendampingi Satria Muda di fase knock-out adalah Dewa United. Karena mereka unggul dalam jumlah poin. 

Di Grup D, terjadi persaingan yang sengit antara Pelita Jaya Bakrie Jakarta dan Evos Thunder Bogor. Karena mereka sama-sama menang dua kali. Sehingga kedua tim lolos ke fase knock-out. Sekadar informasi kalau Evos baru pertama kali bisa lolos dari babak penyisihan grup. 

Peta persaingan di quarter-final berisi Bumi Borneo melawan Dewa United, Pelita Jaya melawan West Bandits, Amartha Hangtuah melawan Evos Thunder, dan Satria Muda melawan Prawira. Dengan situasi seperti ini, maka pertandingan di fase knock-out bakal semakin menarik. 

Kembali tentang tour standings, Prawira menduduki peringkat pertama disusul Satria Muda, Hangtuah, RANS, Pelita Jaya, Bumi Borneo, Dewa United, dan Satya Wacana. Dari delapan tim teratas di tour standings yang tidak lolos ke fase knock-out di seri Jogja adalah RANS dan Satya Wacana. (*)

Baca Juga: Peta Persaingan Knock-Out IBL 3x3 Seri Bandung

0 Comments