Temui JIP - Maskot FIBA Basketball World Cup 2023


Jul 28, 2022

MIES (SWISS) -- Maskot untuk FIBA Basketball World Cup 2023 akhirnya memiliki nama. Nama maskot ini sangat cocok untuk pertunjukan olahraga terbesar di Jepang, Indonesia, dan Filipinasebagai 3 negara tuan rumah bersama, yakni JIP. 

JIP merupakan hasil dari ajakan beraksi kepada fans untuk menamai maskot tersebut, yang pada akhirnya membuat orang-orang di seluruh dunia ikut ambil bagian. Hampir 100 ribu orang mengunjungi jajak pendapat penamaan maskot untuk memilih nama favorit mereka dari enam opsi nama yang tersedia bagi penggemar World Cup.

Nama JIP juga sangat sesuai dengan visi desainernya ketika merancang robot basket itu: menyatukan orang-orang dan mewakili mereka semua.

“Nama JIP sangat cocok untuk maskot yang dirancang dengan indah ini karena menggabungkan dan menyatukan ketiga negara tuan rumah,” kata David Crocker, Direktur Eksekutif FIBA Basketball World Cup  2023.

"Pengumuman ini bertujuan untuk membangun kegembiraan menuju turnamen tahun depan. Selain itu juga memberikan kesempatan bagi para penggemar untuk bertemu dan berinteraksi dengan maskot unik pada akhir bulan ini di Jakarta, Okinawa, dan Manila melalui beberapa kegiatan yang menyenangkan."

Sekarang, setelah maskot tersebut memiliki nama, penggemar bola basket di tiga negara tuan rumah tersebut dapat keluar dan melihat langsung JIP sepanjang akhir pekan ini, yaitu pada 30 dan 31 Juli.

Anak-anak dan keluarga di Indonesia dapat datang ke Sarinah Mall di Jakarta pada 30 Juli dari jam 3 sore sampai jam 5 sore untuk berbagai kegiatan. Termasuk di dalamnya meet and greet, gamesanak-anak dan keluarga, serta juga kesempatan untuk menantang maskot tersebut.

“Kami sangat senang memiliki JIP sebagai maskot FIBA Basketball World Cup 2023. JIP mewakili semua yang ingin diperkuat oleh turnamen ini, termasuk hubungan yang kuat antara tiga negara tuan rumah. Dan yang paling penting, maskot yang menarik bagi anak-anak, yang kami harapkan semoga bisa menularkan cinta terhadap bola basket kepada generasi penerus," kata Cahyadi Wanda, Ketua Komite Manajemen Bersama Indonesia. 

Fans di Filipina dapat melihat JIP pada 31 Juli di Mall of Asia Atrium Manila, dengan games dan aktivitas menyenangkan mulai pukul 10 pagi. Juga, pameran yang menampilkan Hype Streetball PH serta live performance dari Eric 'Eruption' Tai, DJ Patty Tiu, dan band terkenal Filipina Sponge Cola, yang akan dimulai pada pukul 14.30.

Presiden SBP Alfredo S. Panlilio mengatakan: "Kami dengan bangga mengumumkan JIP sebagai nama maskot resmi FIBA  Basketball World Cup 2023. JIP melambangkan ikatan dan persatuan yang kuat antara Jepang, Indonesia, dan Filipina dalam menyelenggarakan acara olahraga bergengsi seperti World Cup dan menunjukkan tujuan terpadu tuan rumah untuk memperkuat lingkungan melalui praktik daur ulang yang tepat."

Bagi mereka yang berada di Jepang, JIP akan tampil sebagai tamu istimewa di berbagai program TV dalam beberapa minggu mendatang. JIP juga akan menghadiri acara One Year to Go FIBA Basketball World Cup 2023, di mana para penggemar dan anak-anak akan dapat bertemu dengan maskot World Cup ini secara personal.

"Saya sangat senang mengumumkan nama resmi maskot kami yang dipilih oleh penggemar dari seluruh dunia,” kata Presiden Asosiasi Bola Basket Jepang dan Presiden Komite Penyelenggara FIBA Basketball World Cup 2023 Jepang, Yuko Mitsuya.

"Sungguh luar biasa penggemar bola basket di seluruh dunia berkumpul secara online untuk memilih nama hebat ini, JIP. Sebagaimana tercermin dari namanya - Jepang, Indonesia, dan Philippines (Filipina) - akan bekerja sama untuk memastikan keberhasilan World Cup multi-negara pertama, dan kami berharap bisa menghadirkan pengalaman terbaik bagi fans bola basket di seluruh dunia."

Kisah JIP dimulai ketika tiga fans bertemu secara online setelah mengetahui turnamen akan datang ke negara asal mereka: Caloy dari Filipina, Kota dari Jepang, dan Dewi dari Indonesia, yang akhirnya membuat robot bola basket. JIP terinspirasi untuk membangun lebih banyak persahabatan dan belajar tentang budaya dan banyak kualitas dari negara tuan rumah.

Misi JIP adalah menyatukan penggemar melalui FIBA Basketball World Cup 2023 di tiga negara tuan rumah dan di seluruh dunia melalui kekuatan bola basket.

Maskot World Cup diprogram untuk jadi menyenangkan, ramah, dan sporty. Ia memiliki keterampilan dribbling yang hebat dan juga punyai dunk supersonik. JIP akan mempromosikan FIBA  Basketball World Cup 2023 secara global dan berbagi kecintaannya pada bola basket kepada sebanyak mungkin orang menjelang event pada 2023.

Ketiga desainer juga merancang maskot untuk mendorong penggemar memikirkan lingkungan dan mendidik generasi muda tentang daur ulang melalui ring basket yang dibawa di bagian belakang badannya, sementara sepatu listriknya dijalankan dengan energi yang dikonversi dari limbah daur ulang.  

Warna maskot mewakili masing-masing tiga bendera negara tuan rumah dan wajah LED-nya memungkinkannya berkomunikasi dengan jutaan orang dalam berbagai bahasa serta membuat banyak ekspresi menyenangkan. FIBA