Suksesnya Eksperimen NSH Mountain Gold Timika


Jun 08, 2022

Dibutuhkan sebuah keberanian untuk melakukan eksperimen. Seperti yang dilakukan NSH Mountain Gold Timika. Dalam perjalanan tim ini, mereka belum pernah dilatih oleh orang asing (pelatih dari luar Indonesia). Tapi di musim ini, mereka mencoba dan hasilnya luar biasa. NSH kembali tampil di Playoffs IBL Tokopedia 2022. 

Para pelatih yang pernah menangani NSH juga punya prestasi tersebut. Contohnya Wahyu Widayat Jati yang berhasil membawa NSH ke Playoffs. Kemudian ada Antonius Ferry Rinaldo, yang juga berhasil menjadikan NSH sebagai tim terbaik di IBL Pertamax 2020, sebelum liga dihentikan karena pandemi covid-19. Tetapi kondisinya berbeda ketika tahun 2021, di mana NSH hanya bisa mendapatkan 4 kemenangan dalam 16 game. Tentu ini hasil yang mengecewakan. 

Mengganti pelatih menjadi cara yang ditempuh oleh manajemen untuk perbaikan tim. Pilihan tersebut jatuh kepada sosok Anthony Garbelotto. Pelatih asal Inggris ini berhasil membawa perubahan yang signifikan. Khususnya dari tingkat kepercayaan diri pemain. Tapi yang paling penting, dia berhasil membawa NSH kembali ke puncak kejayaannya dengan masuk Playoffs IBL Tokopedia 2022. 

NSH mencetak rekor pertandingan 14-8 di regular season IBL Tokopedia 2022. Dengan hasil ini, NSH berada di urutan ke-3 di Divisi Merah. Namun secara keseluruhan, NSH berada di urutan ke-4 klasemen akhir. Jadi mereka mutlak masuk Playoffs musim ini, dan akan bertemu dengan peringkat kelima, yakni West Bandits Combiphar Solo. 

Hebatnya lagi, dari jatah dua pemain asing, ternyata NSH selama musim reguler hanya bermain dengan satu pemain asing saja. Rencananya, NSH mendatangkan Mike Glover dan Shavar Newkirk. Namun sampai musim berakhir, Glover tak kunjung datang. Praktis hanya Newkirk saja yang bermain. Dia tampil luar biasa dengan mencetak 27,9 ppg dari 21 game. Newkirk benar-benar jadi tulang punggung NSH di setiap pertandingan. 

Dilihat dari catatan statistik tim, NSH menempati urutan ke-10 untuk poin dengan 65,6 ppg dalam 22 game. Poin terbanyak NSH datang dari paint area. Mereka mencetak 44,7% dari area tersebut. NSH juga berhasil mengirimkan rata-rata 12,5 assist per game selama musim reguler. Sementara untuk catatan yang kurang bagus ada di rebound. Karena NSH hanya mengumpulkan average 33,8 rpg. Kehadiran Ruslan, Randika Aprilian, atau bigman lainnya belum cukup bagi NSH. Mereka memang butuh bigman asing. 

Namun di luar dari catatan-catatan statistik di atas, ada hal yang paling menarik. Coach Anthony Garbelotto membuat beberapa pemain tampil luar biasa. Sebut saja ada Hengki Infandi, Rizky Agung Pranata, Ruslan, dan Jan Misael Panagan. Mereka tidak pernah absen selama satu musim dan menjadi pemain inti dari NSH Mountain Gold Timika. Kita tunggu saja penampilan tim ini di Playoffs IBL Tokopedia 2022. (*)