Simulasi Pertandingan, Kunci Sukses IBL Indonesia Cup


Nov 02, 2022

Indonesian Basketball Leaugue (IBL) telah selesai menggelar simulasi pelaksanaan pertandingan di Sritex Arena, Solo, Selasa (1/11/2022). Simulasi dilakukan sebagai persiapan IBL Indonesia Cup 2022 yang bakal digelar pada 4-13 November.

Dalam simulasi itu, seluruh kemungkinan yang terjadi dalam pertandingan dilakukan bersama seluruh stakeholder dan perangkat pertandingan. Petugas keamanan turut terlibat dalam simulasi pertandingan.

Head of Marketing and Business Development IBL, Adrian Ariez, saat dijumpai wartawan, mengatakan simulasi pertandingan merupakan upaya mencegah hal-hal yang tidak diinginkan sekaligus imbauan dari Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka. 

Simulasi itu berupa alur keluar masuk penonton, bencana alam seperti gempa bumi dan kebakaran, serta simulasi jika ada keributan. 

Adrian mengatakan IBL merupakan pelopor olahraga yang bisa menyelenggarakan perhelatan olahraga di saat pandemi. Di saat semua kegiatan berhenti, basket bisa digelar dengan segala macam sistem agar bisa digelar. Dan simulasi pertandingan akan menjadi kunci sukses pelaksanaan.

“Untuk kenyamanan penonton dan keselamatan penonton itu menjadi dasar yang benar-benar kita jaga. Izin 2.000 penonton akan kami maksimalkan, ada dua jenis tiket yakni day pass dan game pass,” kata dia. Adrian merinci harga tiket day pass Rp85.000 untuk ticket tribun 1 sedangkan day pass ticket tribun 2 yakni Rp65.000.

Adrian menambahkan persiapan saat ini sudah 70 persen meliputi persiapan teknis dan penataan seluruh keperluan untuk kenyamanan penonton dan pemain maupun ofisial.

Menurutnya pemilihan Kota Solo menjadi tuan rumah karena Solo memiliki antusiasme tinggi dalam basket. IBL juga sempat berkunjung dan melihat event basket di Solo yang menurutnya sangat luar biasa.

“Dulu Solo masuk dalam IBL, menjelang pelaksanaan di Solo ada lock down. Jadi istilahnya ini membayar utang. Bisa disebut ini pra musim, dan kemungkinan Februari ada IBL seri Solo,” kata Adrian.