Shavar Newkirk Rebut Gelar Best Foreign Player IBL Tokopedia 2022


Aug 12, 2022

Shavar Newkirk memikul beban sendirian di IBL Tokopedia 2022. Semua sudah tahu kalau NSH Mountain Gold Timika hanya bisa memainkan Newkirk. Mereka tidak mengganti Mike Glover yang tidak bisa datang, karena NSH percaya pemain tersebut bisa membela tim saat Playoffs. Pada akhirnya Newkirk bisa terpilih sebagai Best Foreign Player di IBL musim ini. 

Newkirk memainkan 21 game dengan kontribusi sebesar 21,9 ppg, 9,0 rpg, 4,8 apg, dan 2,2 spg. Posisinya sebagai point guard membuat Newkirk jadi penentu sekaligus pengatur serangan NSH. Dia juga punya kemampuan lengkap untuk menjadi eksekutor. Sehingga Newkirk bisa mencetak rata-rata poin sebanyak itu. 

Newkirk bermain selama 35,1 menit per game. Field goals precentage yang bisa dibuat adalah 47,3%, dengan rincian memasukkan 140 tembakan dari 296 attempt. Dari sisi free throw, Newkirk bisa mencetak 66,9% dengan rincian 113 free throw yang masuk dari 169 attempt. 

Dalam voting, Newkirk mendapatkan 15 pilihan pertama. Dia mengumpulkan 198 poin. Newkirk mengalahkan kandidat lainnya, antara lain Dior Lowhorn (Pelita Jaya Bakrie Jakarta), Tyree Robinson (Satya Wacana Salatiga), Taj Davis Spencer (Prawira Bandung), dan Tyron Crisswell (Pacific Caesar Surabaya).  

Menariknya, ini menjadi kali kedua bagi Dior Lowhorn dikalahkan pemain NSH dalam pemilihan Best Foreign Player. Karena pada musim 2022, dia juga kalah dari Mike Glover untuk gelar tersebut. (*)