News Event

Sapu Bersih Kesatria, Pelita Jaya Kunci Peringkat Dua

05 July 2024
|

Pelita Jaya Jakarta menang 94-75 atas Kesatria Bengawan Solo di Sritex Arena, Jumat malam (5/7). Kemenangan tersebut sekaligus membuat Pelita Jaya mengunci peringkat kedua klasemen akhir IBL Tokopedia 2024. Mereka juga menyapu bersih Kesatria (2-0) di musim ini. 

Enam pemain Pelita Jaya menyelesaikan pertandingan dengan catatan double digit points. Dipimpin oleh K. J. McDaniels dengan 24 poin, dengan field goals 11-dari-16 attempt sepanjang laga. McDaniels juga menyumbang delapan rebound dan empat assist. Selanjutnya ada Andakara Prastawa Dhayaksa dengan 17 poin. Kapten tim Pelita Jaya tersebut membukukan 5-dari-10 percobaan three point. James L. Dickey III mengoleksi 12 poin, 14 rebound, dan lima assist. 

Dari barisan bangku cadangan, Yesaya Saudale mencetak 12 poin dengan field goals sempurna, atau 100%. Yesaya bermain 15 menit 44 detik dengan field goals 6-dari-6 attempt, ditambah dengan tiga rebound dan satu assist. Hendrick Xavi Yonga memasukkan 12 poin, lewat 4-dari-5 percobaan three point. Terakhir ada Jerome Anthony Beane Jr. yang membukukan 10 poin, tujuh assist, dan dua rebound. 

Sepanjang pertandingan, Pelita Jaya memasukkan 50 points in the paint, 22 fast-break points, 18 points from turnovers, serta 17 second chance points. Mereka juga unggul rebound dengan perbandingan 45-37 serta mengirimkan 23 assist. Lini kedua Pelita Jaya juga tampil solid dengan kontribusi 39 poin dari bench. 

Skema serangan Pelita Jaya berjalan lancar ketika diawali dengan defense yang bagus. Mereka berhasil menanggulangi mesin poin Kesatria, yaitu Kentrell Barkley, yang hanya mampu memasukkan 6-dari-15 percobaan tembakan. Meski terjebak pertahanan Pelita Jaya, Barkley masih bisa menyumbang 18 poin, 11 rebound, dan dua assist. Kesatria kali ini dipimpin oleh Travin Thibodeaux yang mencetak 25 poin, sembilan rebound, dan lima assist. Disusul Andre Rorimpandey dengan 13 poin. Lalu dari bangku cadangan, CJ Gettys membukukan 15 poin. 

Dominasi Pelita Jaya semakin terasa ketika memasuki babak kedua. Pelita Jaya mencetak 52 poin, dan membuat margin 21 poin (83-62) di awal kuarter keempat. Karena tidak kunjung menemukan celah untuk mencetak angka, Barkley dan Thioboeaux tampak frustasi. Belum lagi masalah akurasi teratasi, mereka sudah direpotkan dengan tembakan jarak jauh Hendrick Xavi Yonga yang sedang wangi di laga kali ini. Kesatria pun terpaksa menelan kekalahan keenam musim ini. 

Pelita Jaya akan menghadapi Satria Muda Pertamina Jakarta, sebagai penutup rangkaian musim reguler IBL Tokopedia 2024, pada akhir pekan nanti. Sedangkan Kesatria masih punya satu laga lanjutan melawan Prawira Harum Bandung, yang sempat tertunda. (*)

Baca Juga: Jumpa Perdana Pelita Jaya dan Kesatria

0 Comments