Saatnya Dame Diagne dan Serigne Modou Kane Turun Gunung


Apr 11, 2022

Dua pemain naturalisasi muda milik Indonesia, Dame Diagne dan Serigne Modou Kane sudah saatnya turun gunung. Sebab, mereka sudah dua musim ada di IBL, dan rasanya sudah layak untuk membela Indonesia di ajang internasional seperti SEA Games 2022 di Vietnam. Mereka harus menunjukkan bahwa keduanya layak dinaturalisasi dan memberikan kontribusi positif untuk basket Indonesia. 

Sekedar mengingatkan bahwa program naturalisasi pemain yang dilakukan PP Perbasi bertujuan untuk percepatan kualitas basket Indonesia menuju FIBA World Cup 2023 mendatang. Dame dan Modou menjadi dua diantara banyak pemain yang dinaturalisasi. Karena usia mereka masih muda, maka diikutikan IBL bersama tim Indonesia Patriots. Dame dan Modou sudah tampil dua musim di IBL. 

Dame pada musim 2021 mencetak rata-rata 7,2 PPG, 7,5 RPG, dan 0,5 APG dalam 13 game. Sementara rata-rata ini meningkat drastis ketika dipegang oleh head coach Milos Pejic di IBL Tokopedia 2022. Dame mencatatkan rata-rata statistik sebanyak 10,8 PPG, 11,0 RPG, dan 0,8 APG dalam 22 game. Progres ini sangat bagus, mengingat bahwa di pundaknya, kelak masa depan basket Indonesia dijunjung. 

Sementara Modou dirasa tidak membuat perkembangan yang signifikan. Pada IBL 2021, Modou tampil 7 game dengan kontribusi rata-rata 1,9 PPG dan 3,0 RPG. Sedangkan di musim 2022, dia bermain 21 game dengan catatan rata-rata 1,9 PPG dan 3,2 RPG. Meski angka-angka ini tidak menunjukkan perubahan yang signifikan, namun bisa jadi pelatih melihat sesuatu yang berbeda dari Modou. Misalnya, dia kuat dalam skema bertahan, sehingga lawan tidak bisa dengan mudah memasuki paint area. Namun kembali lagi, semua akan bergantung pada keputusan pelatih. 

IBL Fans khususnya, dan masyarakat basket Indonesia pada umumnya sangat berharap bahwa program-program yang dilakukan PP Perbasi bisa segera terlihat hasilnya. Termasuk dengan adanya Dame Diagne dan Serigne Modou Kane. Karena waktu semakin dekat untuk menyambut FIBA World Cup 2023. Setidaknya dengan kesempatan bermain di SEA Games, membuat kita semua tahu bahwa Dame dan Modou adalah sosok yang tepat bagi Timnas Indonesia. (*)