Saat Kebangkitan NSH Mountain Gold Timika


Jan 12, 2022

Musim lalu, tim NSH bersatu dengan tim Mountain Gold sehingga membuat tim ini lebih kuat secara manajemen. Sayangnya tim yang mewakili Timika tersebut terseok-seok di IBL Pertamax 2021. Kini di IBL Tokopedia 2022, mereka siap untuk bangkit. 

Evaluasi yang dilakukan manajemen setelah musim lalu berakhir adalah dari sisi ofisial. Antonius Ferry Rinaldo tidak diperpanjang kontraknya setelah dua musim. Padahal, kalau kembali melihat prestasinya di musim 2020, NSH tampil bagus. Tapi ketika liga tidak menggunakan jasa pemain asing, NSH kurang mampu bersaing. Mau tak mau, manajamen harus mencari cara lain untuk kembali dalam persaingan tim papan atas. 

Belajar dari pengalaman mereka, NSH Mountain Gold Timika langsung merekrut Michael Edward Glover begitu kran pemain asing dibuka. NSH tentu ingin mempertahankan pemain mereka yang dinobatkan sebagai Best Foreign Player di IBL 2020. Sebaliknya, Glover merasa bahwa ada urusan yang belum tuntas di Indonesia. Dia ingin mengantar NSH juara IBL. Jadi kini NSH dan Glover punya misi yang sama. Sedangkan pemain asing kedua milik NSH adalah Shavar Newkirk.

Dari sisi roster, NSH Mountain Gold tidak banyak berubah. Mereka masih diperkuat Jan Misael Panagan, Andre Rorimpandey, Randika Aprilian, dan M. Nur El Islamy. Tetapi ada beberapa pemain baru yang ditambahkan seperti Samuel Benedict Palmelay. Lalu NSH juga masih punya pemain-pemain dari Papua seperti Imanuel Onawame, Melki Sedek Basik Basik, hingga Hengki O. Infandi. 

Tetapi yang patut dapat perhatian adalah NSH punya pemain-pemain muda berbakat dari Sulawesi Utara yang bersinar di PON XX 2021 di Papua. Mereka berhasil mencuri perhatian dengan mendapatkan medali perak. Sebagian dari mereka kini ada di tim NSH, dan itu bisa jadi daya tarik tersendiri. Mereka adalah Luis Jovan Anugerah Golung dan Brando Oktavianus Kosegeran. 

Berbekal pemain-pemain muda berkualitas, dan pemain asing terbaik dua musim lalu yang sudah menyatu dengan tim ini, maka NSH Mountain Gold Timika jadi tim yang patut diwaspadai lawan-lawannya. Musim depan, mereka juga dipimpin oleh pelatih asing yakni Anthony Garbelotto. Kehadirannya bakal membuat persaingan liga semakin sengit. NSH untuk pertama kalinya memakai jasa pemain asing sejak mereka ikut liga profesional Indonesia. (*)