News Tim Nasional

Rogun Rela Tinggalkan SM Demi Timnas

04 January 2024
|

Satria Muda Pertamina Jakarta kembali merilis kabar tentang perubahan besar di timnya. Rony Gunawan memutuskan mundur dari jabatannya sebagai Wakil Presiden Urusan Bola Basket Satria Muda Pertamina. Keputusan ini diambil menyusul kebijakan Perbasi yang menunjuk dirinya sebagai manajer baru tim nasional Indonesia. 

Pria yang akrab disapa Rogun ini secara resmi ditunjuk sebagai manajer baru tim nasional Indonesia oleh Perbasi di Jakarta, pada akhir bulan Desember 2023. Namun baru sekarang dia mengumumkan untuk melepaskan diri dari Satria Muda. Dalam perannya ini nanti, Rony akan banyak terlibat dalam operasional tim nasional Indonesia yang bertanding pada aneka pertandingan dan turnamen FIBA ataupun regional.

Rony mengaku bahwa keputusan untuk mundur dari pos Wakil Presiden Bola Basket SM Pertamina bukan keputusan yang mudah, meski demikian, Ia merasa bahwa keputusan ini merupakan keputusan yang tepat. 

"Sejak 2006 sampai hari ini saya menjadi bagian dari Satria Muda, dari aktif sebagai pemain hingga pensiun dan bertugas di manajemen. Tentu berpisah dengan Satria Muda merupakan keputusan yang besar dan tidak mudah bagi saya pribadi. Tapi saya rasa ini adalah langkah yang tepat mengingat kepercayaan yang diberikan Perbasi untuk saya," ujar Rony yang identik dengan nomor punggung 32 semasa bermain. 

Meski tidak mudah, pria asal Kalimantan ini mengaku bahwa Ia ingin menghindari conflict of interest dan tetap netral dalam menjalankan peran barunya sebagai manajer tim nasional Indonesia. 

"Saya rasa ini merupakan tugas besar, memimpin tim nasional Indonesia bersama tim pelatih juga adalah sebuah amanat yang penting karena kami merupakan perwakilan masyarakat basket Indonesia. Saya tidak mau ada tumpang tindih kepentingan dan ingin menjalankan peran saya secara profesional. Sehingga saya memutuskan untuk mundur dari pos saya di Satria Muda saat ini," kata Rony. 

Sebelumnya sebagai Wakil Presiden Bola Basket SM Pertamina, Rony menjalankan peran sebagai wakil manajemen SM Pertamina di dalam tim. Sepanjang kiprahnya di manajemen Satria Muda Rony Gunawan banyak terlibat dalam proyek-proyek bola basket SM Pertamina dan memiliki peran yang instrumental dibalik raihan gelar juara musim 2018, 2021 dan 2022 lalu. Ia juga merupakan salah satu faktor kunci dibalik proses rekrutmen pemain-pemain yang bergabung dengan Satria Muda Pertamina selama 4 tahun ke belakang. 

PP PERBASI melalui Badan Tim Nasional (BTN) mempercayakan Rony Gunawan sebagai manajer baru Timnas Elite Putra menggantikan Jeremy Imanuel Santoso. 

"Kami sudah melakukan komunikasi dengan Rony Gunawan. Perubahan di posisi manajer ini menjadi opsi yang kami ambil dengan harapan untuk meningkatkan prestasi timnas ke depan," ungkap Ketua BTN PERBASI Syailendra Bakrie. 

Kata pria yang karib disapa Eda ini, penunjukan Rony diharapkan bisa memberikan nafas baru dalam semangat membangun kekuatan Timnas Elite Putra. Arah Timnas menjadi lebih fokus ke depan untuk Merah Putih.

"Tugas manajer baru adalah menyiapkan tim bersama pelatih untuk menghadapi beberapa event di tahun 2024. Rony bersama BTN juga sudah koordinasi terkait tim yang akan dipersiapkan hadapi turnamen di 2024," ujar Eda. 

Ajang terdekat adalah Kualifikasi FIBA Asia Cup 2025. Ajang ini akan dilakukan dalam tiga jendela dengan format home and away. Indonesia tergabung di Grup A bersama Australia, Korea Selatan, dan Thailand. Pertarungan di fase ini dimulai bulan Februari 2024. 

Kemudian jendela kedua akan digelar pada November 2024. Selanjutnya jendela ketiga dilaksanakan pada Februari 2025. Total ada 24 tim yang bersaing di fase ini. Mereka dibagi menjadi 6 grup dengan masing-masing grup diisi empat tim. Juara dan runner up grup lolos ke fase final. Kemudian enam tim peringkat ketiga akan memainkan turnamen kualifikasi lainnya untuk perebutkan empat tempat terakhir. 

Setelah Kualifikasi FIBA Asia 2024, Timnas Basket Indonesia akan bersiap untuk bertanding di SEA Games Thailand 2025. Ajang ini akan berlangsung pada 9-20 Desember 2025. (*)

Baca Juga: Ingin Belajar Banyak dari Idola

0 Comments