Rivaldo Tandra Pangesthio Buah Kerja Keras Sejak Masa Pelajar


Jul 21, 2021

Rivaldo Tandra Pangesthio boleh dibilang sudah cukup sukses menggeluti dunia bola basket professional. Dia sudah terpilih sebagai Rookie of The Year IBL 2020 dan ikut mengantar Satria Muda Pertamina menjadi juara IBL Pertamax 2021.

Prestasi manis tidak pernah datang secara instan. Rivaldo sudah mengawali kerja keras sejak pertama kali mengenal bolbasket pada usia pelajar. Dia mulai   berlatih bolabasket saat kelas 6 Sekolah Dasar. Talenta ditambah kerja keras membuat dia terpilih mengikuti cabang bolabasket mewakili Kalimantan pada ajang O2SN.

Sejak itu Rivaldo mulai rutin memperkuat tim Kalimantan Barat pada ajang kelompok umur. Dia pun menerima tawaran beasiswa dari SMA Santo Petrus Pontianak. Rivaldo juga sukses membawa sekolahnya mengikuti ajang kompetisi bolabasket pelajar, DBL dengan menjadi juara West Conference 2012. Dia juga terpilih masuk dalam tim DBL  Selection  2012 bertanding dan berlatih di Seattle Amerika Serikat. 

DBL Selection 2012 dikirim berangkat untuk belajar dan bertanding di ajang Christmas on The Coast International Challenge Tournament pada 20-23 Desember 2012 di Gold Coast, Queensland, Australia. Rivaldo terpilih masuk All-Star 5 Players. Christmas on The Coast International Challenge.

Bakatnya tercium pemandu bakat Satria Muda. “Saat SMA saya sering bermain di ajang 3X3. Pelatih Satria Muda saat itu, Coach Youbel Sondakh menawari untuk bergabung dengan SM, saya bilang ingin fokus kuliah dulu,” tutur Rivaldo.

Rivaldo kemudian mendapatkan beasiswa  sebagai student athlete di Universitas Pelita Harapan (UPH) pada Liga Mahasiswa (LIMA). Rivaldo ikut berperan membawa kampusnya menjadi juara LIMA dua musim beruntun 2015 dan 2016. Rivaldo pun direkrut Satria Muda pada tahun 2017. Namun , dia tak segera diterjunkan di ajang IBL pada musim 2018. Rivaldo baru dimainkan pada IBL Pertamax 2020 dan berbuah gelar Rookie of The Year.

“Bergabung dengan  SM itu impian dari saya kecil. Ini sudah jalan Tuhan akhirnya saya bisa bergabung disini," kata  Rivaldo. Semangat Satria Muda dengan semboyan “Juara Indonesia, Indonesia Juara,” cocok  dengan tekad yang ada dalam dadanya.

Rivaldo pernah membela Indonesia pada ajang 3×3 World Cup 2017 di Nantes Prancis, namun keinginan memperkuat tim nasional 5 on 5 Indonesia masih sangat besar dan sebuah cita-cita yang akan terus dia kejar.

Kerja keras penuh dedikasi akan menemukan jalannya. Terus bekerja dan berjuang meraih prestasi, Rivaldo.