Rionny Rahangmetan, Guard asal Jayapura yang Masih Dinanti Kiprahnya


Jul 31, 2021

Tak banyak pemain Papua di liga profesional, tapi sekali muncul, mereka pasti bisa mencuri perhatian. Salah satunya Rionny Rahangmetan. Dia merupakan sosok guard eksplosif yang masih dinanti kemunculannya. 

Rionny adalah guard kelahiran Jayapura, 29 Maret 1992. Dia pertama kali muncul di liga profesional tahun 2012 bersama tim Satya Wacana Metro LBC Bandung, yang belakangan dikenal dengan nama Satya Wacana Saints Salatiga. Meski bermain di posisi guard, Rionny terbilang tinggi dengan 180 cm. 

Permainannya eksplosif sehingga sangat cocok berada di tim yang memainkan strategi dengan mengandalkan kecepatan. Rionny sendiri sempat istirahat di musim 2014-15. Tapi dia kembali bermain di IBL 2016 sampai 2019. Rionny termasuk dalam tim yang mencetak sejarah di Satya Wacana. Karena dia pernah mengantar Satya Wacana lolos Playoffs pertama kali di IBL 2016. Saat itu Rionny mencetak rata-rata 3,9 PPG, 3,4 RPG, dan 2,8 APG.

Pada tahun 2018, Rionny pindah ke Prawira Bandung. Salah satu faktornya karena ada Jerry Lolowang yang saat itu bertugas sebagai asisten pelatih Prawira. Jerry dulunya kapten tim Satya Wacana Salatiga, sehingga dia mengenal Rionny dengan baik. 

Namun setelah musim 2018-19, Rionny tidak bermain lagi di liga profesional. Tidak tahu apa alasannya, namun yang pasti Rionny masih layak untuk tampil di liga profesional. Semoga ada tim di liga yang membutuhkan jasa guard asal Jayapura ini. (*)

Foto: Alexander Anggriawan