News Press Release

RANS PIK Basketball Coba Ramuan Baru

12 January 2023
|

RANS PIK Basketball menjadi tim bisa memberi kejutan di IBL musim 2022 lalu. Sebab, meski berstatus sebagai pendatang baru, mereka sudah berhasil menembus babak playoffs. Tapi RANS bisa dikategorikan tim yang dinamis, dalam hal pergeseran roster. Karena baru setahun mereka berdiri, sudah tiga orang yang menduduki kursi pelatih kepala. Kini, di IBL musim 2023, RANS akan mencoba ramuan baru. 

RANS muncul di liga profesional Indonesia pada kompetisi musim 2022. Saat pertama kali tim ini dirilis, pelatihnya adalah Koko Heru Setyo Nugroho. Namun saat mendekati akhir musim reguler, Koko digantikan oleh Chris Daleo. Pelatih yang sempat menjajaki kerasnya persaingan ASEAN Basketball League. Dia juga menjadi pelatih RANS di babak Playoffs IBL 2022. 

Saat persiapan tim menuju musim 2023, Chris Daleo masih memimpin. Bahkan sampai di turnamen pramusim IBL Indonesia Cup 2022 di Solo. Namun secara tiba-tiba, manajemen mengambil kebijakan untuk berpisah dengan Daleo. Kemudian menaikkan jabatan Bambang Asdianto Pribadi dari asisten pelatih menjadi pelatih kepala. Sekarang Coach Bing, sapaan akrabnya, akan memimpin RANS di musim reguler 2023. 

Bagi yang belum tahu, Coach Bing memang sudah lama berkecimpung di dunia kepelatihan IBL. Meski hanya di balik layar saja. Tapi namanya kerap muncul di basket perempuan. Coach Bing pernah menjadi head coach klub Merpati Bali dengan satu gelar juara liga. Sebelumnya, dia jadi asisten pelatih Tomang Sakti, dengan beberapa kali meraih gelar juara. Dan, mungkin yang paling membanggakan adalah membawa timnas putri Indonesia meraih medali perak di SEA Games tahun 2015. 

Beralih membahas roster RANS. Tampaknya tidak banyak berubah. Mereka masih diperkuat oleh Akeem Scott, pemain asing yang dipertahankan oleh RANS. Lalu untuk pemain asing kedua, mereka mengambil Doum Dawam. Kemudian dari sisi pemain lokal senior, RANS punya Oki Wira Sanjaya, Januar Kuntara, Fadlan Minallah, dan Valentino Wuwungan. 

Namun dua nama pemain lokal ini cukup menarik. Mereka adalah Alexander Franklyn dan David Liberty Nuban. Franklyn bisa dibilang sebagai point guard muda yang sedang naik daun. Sedangkan Nuban, setelah pindah ke RANS, dia bisa mendapatkan menit bermain lebih banyak. Sehingga Nuban bisa menunjukkan potensinya. Jadi jangan lewatkan bagaimana aksi klub milik Raffi Ahmad tersebut di IBL musim 2023, yang akan dimulai pada 14 Januari mendatang. (*)  

 

Baca Juga: RANS PIK Basketball, Terlahir dan Abadi

0 Comments