Prediksi Kekuatan Pacific Caesar dan Satya Wacana


Mar 28, 2021

Pacific Caesar Surabaya dan Satya Wacana Saints Salatiga akan menjalani pertemuan keduanya di IBL Pertamax 2021. Meski berbeda hasil yang didapatkan dalam jumlah kemenangan, ternyata kedua tim punya catatan statistik yang kurang lebih sama sejauh ini. Setelah kedua tim menjalani sembilan pertandingan di musim reguler. 

Satya Wacana punya keunggulan di field goals precentage, meski hanya tipis saja. Satya Wacana 39% sedangkan Pacific di kisaran 32%. Setelah ditelusuri lebih dalam, ternyata keunggulan tersebut didapatkan dari dua poin. Satya Wacana unggul 45% dari Pacific Caesar untuk 2PTS precentage. Sebaliknya Pacific di kisaran 36%. Bila dilihat dari segi pengamatan di pertandingan, maka faktor yang menyebabkan 2PTS precentage ini besar adalah dari keberanian anak-anak Satya Wacana memasuki paint area lawan.

Antoni Erga, David Nuban, dan Alexander Franklyn tak kenal takut dalam menerobos pertahanan lawan. Kemudian ada Henry Lakay dan Bryan Elang Praditya yang siap mengamankan bola liar dengan second chance poin. Kedua bigman ini akan dapat lawan sepadan saat bertemu Pacific. Karena di kubu Pacific ada Yonatan dan M. Nur Aziz Wardana. 

Setelah 2PTS precentage, ada 3PTS precentage. Kali ini kedua tim sama-sama mengumpulkan 27%. Artinya, meski tidak terlalu akurat, tapi tim yang bisa meningkatkan tembakan tiga angkanya, maka bisa memetik kemenangan di laga ini. Tentunya kedua tim sama-sama punya peluang untuk itu. Di kubu Satya Wacana ada Febrianus Khiandio dan Franklyn, lalu di tim Pacific ada Yoseph Wijaya yang siap melakukan tembakan jarak jauh. 

Dari FT%, ada angka yang mencolok. Pacific menghasilkan 59% di free throw. Sedangkan Satya Wacana di kisaran 49% saja. Masalah free throw ini memang sudah diketahui oleh coach Efri Meldi. Tapi mereka tidak boleh lengah, karena itu bisa membunuh mereka sendiri. Sebab Pacific sangat bagus di titik tersebut. 

Sementara yang terakhir ada block per game. Bisa dilihat kalau kedua tim sama-sama punya catatan di angka 4 block per game. Jadi sudah tidak diragukan lagi kalau bigman kedua tim bisa memproteksi paint area mereka dengan sangat baik. Jadi jangan lupa, saksikan pertemuan kedua Pacific Caesar dan Satya Wacana Saints di IBL TV, pukul 17.00 WIB. (*)