News Event

Prawira Taklukkan Pelita Jaya di Jakarta

20 July 2023
|

Prawira Harum Bandung berhasil mencuri kemenangan di kandang Pelita Jaya Bakrie, Hall A Senayan, Jakarta, dengan skor 74-65, Kamis (20/7). Meski bermain di bawah tekanan, Prawira mampu menaklukkan Pelita Jaya. 

Pelita Jaya sempat unggul 19-16 di kuarter pertama. Namun akurasi tembakan tuan rumah kurang bagus, di kuarter berikutnya. Sehingga Prawira bisa menyamakan kedudukan menjadi 38-38 saat half time. Lanjut ke kuarter ketiga, Prawira terpaksa kehilangan Brandone Francis karena ejected. Tetapi Prawira justru bisa unggul di kuarter ketiga dengan jarak empat angka (58-54). 

Modal keunggulan empat angka, membuat Prawira semakin terpacu di kuarter keempat. Melalui three point Indra Muhammad, Prawira leading tujuh angka (63-56). Tak berselang lama, Yudha Saputera berhasil mencetak dua poin untuk menjaga keunggulan Prawira (65-58). Sampai di lima menit kuarter keempat, Pelita Jaya masih struggle. Mereka hanya mencetak empat angka saja. 

Pelita Jaya semakin tertekan di sisa empat menit. Reza Guntara mencetak poin dengan layup, yang memperlebar jarak menjadi sembilan angka (67-58). Reza berperan besar dalam offense dan defense, mengingat Shaw sudah foul-trouble. Namun Prawira masih belum aman untuk meraih kemenangan. 

Pelita Jaya kembali menjaga asa untuk memenangkan game kandang kali ini. Melalui three point Agassi Goantara, Pelita Jaya mendekat 62-67. Hal ini memaksa coach David Singleton meminta time-out. Agassi sejauh ini menjadi pemecah kebuntuan. Dia memasukkan empat three point dari tujuh percobaan. 

Pressure semakin besar di kubu tuan rumah saat Reza Guntara mencetak three point di sisa waktu dua setengah menit. Prawira unggul delapan angka (70-62). Pelita Jaya hanya mencetak delapan angka dalam waktu delapan menit di kuarter keempat. Pelita Jaya hanya punya sisa waktu 50 detik untuk menyamakan kedudukan. Namun mereka gagal mendapatkan kesempatan ini, sehingga game pertama direbut oleh Prawira. 

"Bersyukur Prawira bisa mengambil game pertama ini. Kami main sesuai instruksi pelatih. Fokus pada strategi yang telah dibuat. Kehilangan Brandone Francis tidak berpengaruh pada kami. Karena ini tim, bukan olahraga individu," kata Reza Guntara, setelah kemenangan ini. "Ayo birukan C-Tra Arena di hari Sabtu nanti."

Reza Guntara layak disebut sebagai man of the match dengan kontribusi 26 poin dan tujuh rebound. Jarred Shaw dan Yudha Saputera sama-sama mencetak 12 poin. Sebaliknya Agassi Goantara mencetak 14 poin. Sedangkan M. Arighi menambahkan 11 poin. Pelita Jaya ditekan secara field goals, karena mereka hanya memasukkan 22 tembakan dari 68 attempt (32%).

Prawira unggul 1-0 di seri best of three IBL Tokopedia The Finals 2023. Dengan hasil ini, maka Pelita Jaya belum menemukan jawaban atas Prawira. Karena di musim reguler mereka juga dikalahkan oleh Prawira (2-0). Prawira tinggal selangkah lagi untuk mencetak sejarah di IBL. Game kedua akan berlangsung di C-Tra Arena, pada hari Sabtu, 22 Juli 2023. (*)

Baca Juga: Menolak Lupa: Pelita Jaya EMP Jakarta Juara IBL 2017, Liga Era Baru

0 Comments