Peta Persaingan Semifinal IBL Esports Competition: Valentino Wuwungan Vs Widyanta Putra Teja


May 06, 2020

Periode pertama IBL Esports Competition sudah dimulai. Terbukti delapan peserta yang bertanding mampu menunjukkan kemampuan di luar lapangan dengan baik. Mereka bisa memainkan permainan NBA2K20 dengan baik di PS4. 

Delapan peserta sudah bertanding, dan empat peserta yang menang berhasil melaju ke babak semifinal. Setelah mereka menang di babak penyisihan dengan sistem knock-out. Kali ini diramalkan bakal lebih seru karena semifinal berlangsung dengan sistem best-of-three.

Laga pertama semifinal mempertemukan antara Valentino Wuwungan dari Pelita Jaya Bakrie, melawan Widyanta Putra Teja dari NSH Jakarta. Ternyata keduanya merupakan pemain yang sabar dan ulet. Terbukti dari penampilan mereka di babak penyisihan.

Tino menang 38-33 atas Alan As'adi (Bank BPD DIY Bima Perkasa) di babak penyisihan. Meski Alan memimpin laga hampir selama tiga kuarter, namun Tino berhasil membalikkan keadaan di menit-menit akhir. Tino yang memakai Milwaukee Bucks mampu menumbangkan Alan dengan tim LA Lakers-nya. Ini membuktikan bahwa Tino mampu menjalankan timnya dengan baik.

Kesabaran Tino terlihat di gim tersebut. Tino menunggu sampai benar-benar punya kesempatan untuk menyusul, sekaligus membalikkan keadaan. 

Lawannya di semifinal nanti adalah Widyanta. Ia menang atas M. Sandy Ibrahim Aziz wakil Satria Muda Pertamina Jakarta. Widy menang 48-46 lewat babak overtime. Dallas Mavericks yang dijalankan Widy mampu menumbangkan LA Clippers, tim yang punya rating tertinggi di NBA2K20. Tetapi proses kemenangan Widy tidak mudah, karena Sandy memberikan perlawanan ketat.

Dari hasil tersebut maka Tino dan Widy sama-sama mampu menundukkan tim raksasa. Ini berarti, mereka sama-sama punya kesabaran dan keuletan dalam menjalankan permainan ini. Oleh sebab itu, menarik bila mereka bertemu di babak semifinal.

Setelah melihat cara mereka bermain, kita akan kembali melihat tim yang akan dijalankan. Dari peringkat tim di NBA2K20, keduanya berada di peringkat yang tidak berbeda jauh. Bahkan cenderung sama. Bucks menduduki peringkat 14 dengan team rating sebesar 76,4. Sedangkan Mavericks di peringkat 15 dengan team rating yang sama yaitu 76,4. 

Dari sisi pemain andalan, Bucks jelas akan mengeksplotasi kemampuan Giannis Antetokounmpo yang punya player rating 96. Tetapi kalau melihat permainan Tino di babak penyisihan, ternyata dia punya opsi lainnya, khususnya untuk melepaskan tembakan di luar garis tiga angka. Ada Erick Bledsoe dan Kyle Korver. 

Sementara untuk Widy, masih tetap akan mengandalkan Kristaps Porzingis dan kemampuan istimewa Luka Doncic. Ini akan dimanfaatkan habis-habisan di laga semifinal nanti. Harapannya, kedua pemain bisa tetap dalam kondisi baik hingga empat kuarter permainan tersebut. 

Saksikan keseruan semifinal periode pertama IBL Esports Competition hanya di channel YouTube IBLTV. (*)