Peta Kekuatan Satria Muda dan Indonesia Patriots


Apr 05, 2021

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa Satria Muda Pertamina Jakarta adalah tim pertama yang mampu menundukkan Indonesia Patriots di IBL Pertamax 2021. Sampai sejauh ini, Satria Muda masih jadi tim terkuat di Divisi Putih. Namun Patriots yang berisi pemain-pemain muda terbaik di Indonesia tentu berusaha keras agar bisa menumbangkan Satria Muda.

Tetapi bila dilihat dari catatan statistik sampai kuarter ketiga, sepertinya Patriots bakal berkerja lebih keras untuk menahan Satria Muda. Dalam hal field goals precentage, Satria Muda unggul dari Patriots dengan hanya tiga angka saja. Satria Muda mencetak FG% sebesar 43% sedangkan Patriots di angka 40%. 

Tetapi dari angka-angka tersebut bila ditelisik lebih jauh, ternyata punya spesifikasi masing-masing. Satria Muda sangat dominan di piant area, sehingga membuat 2PTS precentage mereka sangat tinggi yakni sebesar 50%. Jadi kemungkinan Satria Muda mencetak poin di paint area adalah 1 dibanding 2. Sangat efektif karena mereka punya bigman dan forward yang tangguh, seperti Arki Dikania Wisnu, Laurentius Steven Oei dan Juan Laurent Kokodiputra. Di bench, mereka masih menyisakan sederet nama pointer handal seperti M. Rizal Falconi dan Avan Seputra. 

Tetapi Satria Muda musim ini memiliki kelemahan yakni tembakan jarak jauh. Dalam tiga seri, 3PTS precentaga Satria Muda hanya 26%. Ini yang bakal jadi masalah bagi Satria Muda, bila mereka gagal memasuki paint area Patriots. Karena mereka tidak punya pilihan lain untuk mencetak poin kecuali dari tembakan three point. 

Di kubu Patriots, 2PTS precentage mereka di kisaran 48%. Sangat baik dan di atas kertas hampir menyamai Satria Muda. Tapi perlu dilihat lagi, karena Satria Muda punya pertahanan yang bagus untuk bisa menghalangi pemain Patriots memasuki paint area. Tapi Patriots punya keunggulan lain. Mereka bisa mencetak poin dengan akurasi tembakan jarak jauh. Patriots punya pemain yang bisa melepaskan tembakan dengan akurat seperti Yudha Saputera, Aldy Izzatur Rachman, dan Sulthan. Mereka bisa jadi alternatif untuk menyerang. 

Sementara dari free throw tidak ada perbedaan yang mencolok. Patriots mengumpulkan 64% dan Satria Muda membuat 63%. Jadi laga ini dipastikan bakal berlangsung panas. 

Saksikan pertemuan kedua Satria Muda melawan Indonesia Patriots hanya di IBL TV, pukul 17.00 WIB. (*)