Peta Kekuatan Pelita Jaya dan Patriots


Apr 08, 2021

Tidak diragukan lagi bila Pelita Jaya sekarang menjadi tim terbaik di IBL Pertamax 2021. Mereka baru kalah sekali dari 14 pertandingan. Secara keseluruhan, Pelita Jaya jelas lebih unggul dari Patriots. Tapi justru Patriots pernah fenomenal di IBL musim ini. Ketika mereka membuka musim dengan enam kemenangan beruntun. Jadi bisa dipastikan bahwa pertandingan ini bakal seru. 

Untuk mengintip peta kekuatan kedua tim, mari kita lihat dulu catatan statistik sampai pertandingan terakhirnya. Di atas kertas hampir tidak ada perbedaan yang mencolok di angka-angka yang tercantum. Kedua tim punya kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Dimulai dari field goals precentage kedua tim. Pelita Jaya unggul 42,7% dari Patriots yang mencetak 40,1%. Dari sini, kita melihat lebih dalam lagi. Ternyata Pelita Jaya punya keunggulan di 2PTS precentage. Untuk dua poin, mereka lebih ungguul 51,5%. Catatan tersebut sudah bisa mencerminkan bahwa para penyerang Pelita Jaya sangat berbahaya bila mereka memasuki area perimeter. Bisa saja mereka melakukan layup, atau menembak jarak dekat. Sebaliknya, Patriots mencetak 48,4% untuk 2PTS precentage. Tidak buruk, namun kalau mereka bisa meningkatkan precentage tersebut, bisa jadi Patriots mencuri kemenangan dari Pelita Jaya. 

Yang menarik adalah dari 3PTS precentage. Ternyata kedua tim sama-sama mencetak 27%. Lewat catatan tersebut bisa disimpulkan bahwa keduanya masih punya peluang untuk membunuh dengan senjata tembakan jarak jauh. Pelita Jaya punya Andakara Prastawa, Respati Ragil Pamungkas, hingga Agassi Goantara yang bisa diandalkan untuk melepaskan tembakan three poin. Sedangkan di kubu Patriots, ada Ali Bagir Alhadar, M. Arighi, Aldy Izzatur Rachman, dan Yudha Saputera yang juga punya akurasi tembakan tajam. Sementara untuk free throw tidak berbeda jauh. Pelita Jaya di angka 63%, dan Patriots 60%. 

Kecuali poin, sepanjang 14 pertandingan, Pelita Jaya bisa mengumpulkan rata-rata 45,8 RPG, 19,1 APG, 12,1 SPG, dan 2,7 BPG. Sebaliknya, rataan Patriots sejauh ini adalah 46,2 RPG, 17,9 APG, 9,3 SPG, dan 3,8 BPG. Dari perbandingan catatan tersebut, maka bisa disimpulkan bahwa Patriots lebih agresif dalam bertahan. Karena mereka bisa membuat rebound per game dan block per game lebih banyak. 

Setelah mengetahui peta kekuatan kedua tim, maka IBL Fans pasti sudah tidak sabar untuk menyaksikan pertandingan ini. Laga Pelita Jaya Bakrie Jakarta melawan Indonesia Patriots akan disiarkan langsung di IBL TV, pada pukul 17.00 WIB. (*)