Pertandingan Penutup Seri 3 IBL Pertamax 2021 Bagai Pertemuan David VS Goliath


Mar 31, 2021

Tidak terasa IBL Pertamax 2021 sudah sampai di penghujung Seri 3. Di pertandingan terakhir hari ini akan ada laga antara Prawira Bandung melawan NSH Montain Gold Timika. Pertandingan ini bagaikan kisa David VS Goliath. Tapi masih mungkin terjadi kejutan di laga penutup seri ketiga nanti. 

Kedua tim sudah pernah bertemu musim ini pada 15 Maret 2021. Kala itu, Prawira menang 75-56 atas NSH. Di game tersebut, Prawira juga sukses membuat NSH hanya mencetak 6 poin dalam satu kuarter, tepatnya di kuarter kedua. Namun bukan berarti NSH tidak boleh jadi unggulan di pertandingan keduanya nanti. Karena, bila dilihat lebih detail lagi, ternyata NSH sempat unggul 20-14 di kuarter pertama.

Penurunan penampilan NSH ini sudah disadari oleh Coach AF Rinaldo. Mantan point guard legendaris Indonesia tersebut menyatakan kalau fluktuasi timnya dalam pertandingan terjadi sangat cepat. NSH bisa tiba-tiba naik, lalu bisa terjun bebas di kuarter berikutnya. Fluktuasi ini merugikan mereka, karena berpengaruh pada akurasi tembakan. Kalau itu terjadi, NSH sulit bangkit. 

Sebaliknya di kubu Prawira Bandung, tampaknya masih bermasalah dengan awal pertandingan. Sering dijumpai bahwa Prawira tertinggal di menit-menit awal. Mereka sering terlambat melakukan adjustment dalam pertandingan. Senyampang itu tidak berpengaruh pada akurasi tembakan, tentu tidak masalah. Karena Prawira bisa bangkit di kuarter ketiga dan keempat. 

Kalau dilihat dari perolehan poin keseluruhan klub, Prawira ada di peringkat ketiga di bawah Satria Muda Pertamina Jakarta dan Indonesia Patriots. Sedangkan NSH ada di peringkat ke-11 dengan hanya mengumpulkan satu kemenangan dari 11 pertandingan. Jadi bisa dibilang bahwa pertandingan nanti ibarat pertarungan David VS Goliath. 

Meski begitu ada catatan yang bagus dari kedua tim. Ternyata NSH tidak seburuk itu. Mereka bisa mencetak points average dalam 10 pertandingan terakhir sebesar 61 poin per game. Sebaliknya Prawira ada di angka 75 poin per game. Jadi sebenarnya tidak terlalu jauh. Kalau saja NSH bisa maksimal di laga ini, mereka bisa mencuri kemenangan dari Prawira.

Saksikan pertandingan Prawira melawan NSH di IBL TV, pukul 20.00 WIB. (*)