News Event

Pertandingan Lanjutan Kesatria Bengawan vs Prawira Digelar Di Bandung Tanpa Penonton

07 July 2024
|

Pertandingan Kesatria Bengawan Solo melawan Prawira Harum Bandung yang sempat terhenti di Sritex Arena Solo, 28 Juni lalu, akan dilanjutkan di C-Tra Prawira Arena Bandung, Selasa, 9 Juli 2024 menyisakan waktu 8.07 di quarter 3 dengan skor akhir sementara 52-39 untuk Prawira Harum Bandung.

Setelah menerima berita acara resmi kronologis dari panitia pelaksana Kesatria Bangawan Solo atas kejadian dan hasil investigasi, IBL mengenakan sanksi total sebesar 95 juta kepada pelaksana berdasarkan daftar mandatory (panduan) pelaksanaan dan komersial yang terdampak. Selain hal tersebut, Kesatria Bengawan Solo wajib menanggung biaya pelaksanaan pertandingan lanjutan, termasuk biaya yang yang timbul bagi tim lawan seperti transportasi, akomodasi dan sebagainya.

Sejak Selasa malam lalu, bersama kedua tim telah dilakukan pertemuan untuk eksplorasi kemungkinan hal-hal yang dapat dilanjutkan mempertimbangkan kondisi dan implikasi lain yang ditimbulkan. “Situasinya memang tidak mudah, dikarenakan berbagai variable kedua tim, terutama dari sisi jadwal dan dampak pada penyelenggaraan pertandingan lainnya. Sempat beberapa alternatif didiskusikan seperti pemunduran jadwal Playoffs, penukaran jadwal dengan tim lainnya hingga penghentian pertandingan. Namun, setiap alternatif memunculkan kompleksitas lain seperti ketersediaan fasilitas dan hal lainnya” jelas Direktur Utama IBL, Junas Miradiarsyah. "Pertandingan ini penting sebab akan menentukan peringkat 3 dan 4 dalam klasemen dan pertemuan di babak playoffs selanjutnya yang akan bertemu Rans Simba Bogor ataupun Satria Muda Pertamina" pungkas Junas.

Setelah pembahasan, beberapa hal terkait pertandingan lanjutan antara Kesatria Bengawan Solo vs Prawira Harum Bandung, sebagai berikut:

1. Pertandingan akan dilaksanakan hari Selasa, 9 Juli dilaksanakan pukul 16.00 di GOR C-Tra Arena Bandung. Tidak di Solo dan lokasi netral, dikarenakan Prawira memiliki kepadatan jadwal yang lebih dibandingkan Kesatria Bengawan Solo dalam beberapa hari terakhir. Sebagai catatan, KBS terakhir bermain hari Jumat (5/7) dan PHB bermain Minggu (7/7) di Bandung.

2. Pertandingan akan dilanjutkan dengan sisa waktu yang ada (menit 8.07 quarter 3), roster, skor, personal foul, team foul dan lain sebagainya yang berhubungan akan dilanjutkan tepat seperti sebelum pertandingan dihentikan.

3. Komposisi pemain menggunakan roster yang sama. Namun karena Prawira telah melakukan pergantian pemain asing diatas 2 meter dengan melepas  pemain James Clough Gist III, maka diputuskan kedua tim akan melanjutkan dengan komposisi dua pemain asing yang terdaftar dalam roster pertandingan saat itu. Dan untuk pemain asing yang dimainkan tim Kesatria adalah yang bertinggi badan tidak lebih dari dua meter. 

4. Dilaksanakan secara tertutup yang artinya tidak memperjual-belikan tiket (penonton), tidak disiarkan langsung, namun dapat dihadiri pihak media serta undangan pihak tertentu kedua tim.

5. Secara perangkat pertandingan melanjutkan apa yang telah terlaksana di GOR C-Tra hari minggu namun biaya, teknis dan pelaksanaan menjadi tanggung jawab pihak KBS.

Kedua tim, setelah pertandingan ini akan bertandang ke tim lawan (peringkat 3 menuju GOR Vokasi Bogor bertemu RANS Simba Bogor, dan peringkat 4 menuju Britama Arena bertemu Satria Muda Pertamina) untuk babak Playoffs game 1 di hari Kamis pk 18.00 dan 20.00. Selanjutnya game 2, akan kembali ke kandang bagi Prawira dan Kesatria ke hari Minggu (semula Sabtu) untuk memberikan ekstra waktu istirahat tambahan 1 hari.

“Tidak sepenuhnya ideal bagi kedua tim, namun harapannya jalan tengah ini akan menjadi pembelajaran bagi seluruh pihak kedepannya”, tutup Junas.

Baca Juga: Selamat Datang Kesatria Bengawan Solo

0 Comments